Tingkatkan Kualitas Produksi Film, SMK Dr Soetomo Panggil Profesional untuk Nilai Tugas Akhir

Saipul Yudi
SMK Dr Soetomo (Smekdor) Surabaya menjadi salah satu sekolah kejuruan yang mampu memproduksi film secara profesional.

SURABAYA, iNews.id - Produksi film di Kota Surabaya masih minim, tak banyak sekolah yang mampu memproduksi film untuk dinikmati masyarakat. SMK Dr Soetomo (Smekdor) Surabaya menjadi salah satu sekolah kejuruan yang mampu memproduksi film secara profesional.

Bahkan, siswa yang akan lulus diwajibkan untuk memproduksi film sebagai persyaratan. Mereka harus menyelesaikan Tugas Akhir (TA) berupa produksi film. Tuga akhir ini sekaligus menjadi ukuran dalam uji kompetensi siswa untuk memperoleh sertifikat keahlian pendamping ijazah. Untuk memproduksi film yang berkualitas, Smekdor menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Persatuan Karyawan Film dan Televisi (KFT) Indonesia, sebanyak 30 siswa kelas 3 mengikuti uji sertifikasi selama dua hari dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Tugas akhir jadi syarat kelulusan siswa SMK.  Karenanya, beberapa sekolah sering melibatkan tenaga profesional dari industri untuk melakukan asesmen karya siswa. Salah satunya yang dilakukan SMK Dr Soetomo Surabaya (SMEKDOR'S). Dalam assesmen ini,  sekolah menggandeng Ketua Umum KFT (Karyawan Film Televisi) dan BPI (Badan Perfilman Indonesia), Gunawan Paggaru.

Salah satu screening karya yang ditampilkan adalah film pendek 'Kulo Nuwun', yang merupakan karya kelompok 1. Ketua Kelompok, Putri Nurrahma Maulidia mencerita karya film tersebut bercerita tentang remaja yang diterima kerja di tempat baru. Namun, di tempat itu dia tidak permisi dan dihantui dengan makhluk lain. 

"Jadi yang ingin kami sampaikan film ini adalah dimanapun kita berada semua harus permisi, dan orang harus tau sopan santun ditempat baru," ceritanya, Rabu (18/5) usai screening film di CGV Marvel, Surabaya.  

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network