get app
inews
Aa
Read Next : Madura Ethnic Carnival Bakal Digelar Kembali, Catat Ini Tanggalnya

Duh! Banyak Keluarga Miskin Jawa Timur Belum Teraliri Listrik, Jumlahnya Bikin Ngelus Dada

Rabu, 29 Juni 2022 | 10:39 WIB
header img
Puluhan ribu warga jatim belum menikmati aliran listrik. (Foto ilustrasi/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Hari gini, di zaman yang serba teknologi, ternyata masih banyak rumah tangga miskin (RTM) di Jawa Timur yang belum menikmati listrik. Padahal saat wabah pandemi mengganas, sekolah harus online.

ESDM Jatim mencatat, sedikitnya ada 27.873 RTM di Jawa Timur belum mendapat aliran listrik. Mayoritas rumah-rumah tersebut berada di wilayah kepulauan Sumenep.

"Mayoritas RTM yang belum teraliri listrik ada di wilayah kepulauan," kata Kepala ESDM Jatim Nurkholis didampingi Kabid Ketenagalistrikan M Waziruddin, di Surabaya, Selasa (28/6/2022).

"Kami imbau warga yang belum teraliri listrik untuk segera lapor ke pemerintah kabupaten, agar nanti usul ke Pemprov," imbuhnya.

Menurut Nurkholis, rasio elektrifikasi di Jatim sebenarnya sudah mencapai 105,47%. Namun, masih terdapat puluhan ribu rumah tangga yang belum menikmati sambungan listrik.

Untuk tahun 2022 ini, Pemprov Jatim memberikan bantuan hibah ke 2.700 RTM di Jatim. Rinciannya, 320 di Trenggalek, 283 di Bondowoso, 320 di Situbondo, 1.211 di Ngawi, 317 di Magetan, 249 di Tulungagung.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut