get app
inews
Aa Read Next : Bantuan Korban Gempa Bawean Minim, Warga Merana Jelang Idul Fitri

Gresik Punya Wisata Heritage, Berisi Kota Lama yang Multi Etnis

Selasa, 12 Juli 2022 | 08:49 WIB
header img
Kota Santri ini bakal memiliki wisata heritage yang memamerkan Kota Lama Gresik, mulai Kampung Arab, Pecinan, Melayu, Kolonial dan Pribumi.

GRESIK, iNews.id – Kabar baik datang dari Gresik. Kota Santri ini bakal memiliki wisata heritage yang memamerkan Kota Lama Gresik, mulai Kampung Arab, Pecinan, Melayu, Kolonial dan Pribumi.

Wisata heritage tersebut bernama Kota Bandar Grissee, sejumlah bangunan kuno yang dibangun sejak abad ke-14 yang luasnya sekitar 60 hektar, bakal disulap menjadi icon destinasi wisata toleransi satu-satunya di Indonesia. Ada tiga kampung yang sudah dalam proses revitalisasi dari anggaran APBN sebesar Rp47 miliar. Kampung Kemasan atau Pribumi, Kampung Pecinan dan Kampung Arab. Dari tiga kampung etnis tersebut, ada tujuh jalan yang sedang dalam proses revitalisasi, yaitu Jalan Kramatlangon, Jalan Malik Ibrahim, Jalan Agus Salim, Jalan KH Zubair, Jalan Basuki Rahmat, Jalan AKS Tubun, dan Jalan Setia Budi.

"Pembangunan kawasan ini akan disesuaikan dengan ciri khasnya masing-masing. Di kawasan Kampung Pribumi misalnya, semua infrastruktur akan dibuat dengan konsep kolonial. Di Kampung Arab juga akan dibangun seperti nuansa di Saudi Arabia. Begitu juga di kawasan Kampung Pecinan seperti nuansa negeri tirai bambu," kata Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani.

Ia mengatakan, Gresik memiliki peradaban multi etnis yang tidak dimiliki wilayah manapun. Mungkin, kata Gus Yani panggilan Bupati Gresik, Gresik adalah satu-satunya kabupaten yang memiliki sejarah multi etnis sehingga melahirkan banyak keberagaman.

“Gresik adalah etalase toleransi multi etnis, multi ras dan multi agama yang tidak dimiliki daerah lain. Karena sejarah tidak bisa diputar lagi, tetapi bisa jadi pelajaran berharga dengan membangunnya kembali. Sehingga bisa menghidupkan ekonomi kreatif,” kata Gus Yani saat membagikan cat di Kampung Pecinan, Senin (11/07).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut