get app
inews
Aa Read Next : Darbe Corner, Kuliner Surabaya dengan Nuansa Budaya Jawa Tempo Dulu

Kisah Angelica Wahyu, Pesinden Muda yang Berjuang Lestarikan Budaya Jawa

Rabu, 13 Juli 2022 | 12:25 WIB
header img
Angelica Wahyu, Gadis 21 tahun menyenangi budaya Jawa khususnya sebagai seorang pesinden.(Foto : trisna eka)

SURABAYA, iNews.id - Menemukan seorang sinden muda di Kota Surabaya terbilang gampang-gampang susah. Pasalnya, saat ini para pesinden, sebutan untuk penyanyi wanita yang menyanyi diiringi gamelan Jawa, apalagi yang masih muda sudah jarang yang ingin melestarikan budayanya. 

Namun hal itu tidak berlaku bagi Angelica Wahyu. Gadis 21 tahun ini malah menyenangi budaya Jawa khususnya sebagai seorang pesinden. 

Menurut Angel, kebudayaan Jawa menjadi budaya yang penting untuk dilestarikan. Apalagi di tengah gempuran kebudayaan modern saat ini, agar orang Jawa tidak kehilangan identitasnya sebagai orang Jawa. 

“Budaya ini harus tetap ada. Yuk, kita maju bangun sama-sama, kita bangkitkan, kita hidupkan lagi kesenian ini supaya tetap lestari,” ungkap Angel penuh semangat saat menjadi bintang tamu dalam podcast Pokja wartawan DPRD Kota Surabaya, Selasa (17/7/2022). 

Angel mengungkapkan, kecintaannya terhadap budaya Jawa khususnya dalam menjadi sinden diwariskan dari sang mama sejak ia berada di bangku Sekolah Dasar. 

“Aku suka menyanyi dari kecil. Sejak aku SD. Mama itu sering nyanyiin pakai lagu-lagu Jawa dan aku sering ngikutin, mama ngelihat aku itu tertarik,” kata Angel.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut