get app
inews
Aa Read Next : Ramdhan Sananta Pemain Timnas Indonesia Resmi Kuliah di UM Surabaya

Terpikat Film KKN Desa Penari, KKN UM Surabaya Gaungkan Lokalitas, Gender dan Desa Wisata

Rabu, 20 Juli 2022 | 15:06 WIB
header img
Pelepasan mahasiswa KKN UM Surabaya tahun 2022, di Gedung At-Tauhid lt.13 UM Surabaya, Rabu (20/7/ 2022). Foto: Dok UMSurabaya)

SURABAYA, iNews.id - Film KKN di Desa Penari menarik perhatian Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. 

Bahkan, kisah film horor dan pesan-pesan moral dalam itu menginspirasi UM Surabaya dan dijadikan tema dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Dede Nasrullah menjelaskan, bahwa tema yang diangkat terinspirasi dari KKN di Desa Penari yang akhirnya melahirkan sebuah gagasan yang mengaitkan program KKN mahasiswa dengan tema lokalitas, gender dan desa wisata.

“Sebenarnya tidak hanya 3, KKN tahun ini memiliki 9 tema fokus kegiatan dan semuanya itu masalah krusial di masyarakat,” kata Dede, Rabu (20/7/22).

 

Sembilan

tema itu diantaranya inovasi pendidikan, pemberantasan dan pencegahan stunting, akses identitas kependudukan, pengembangan literasi, desa wisata (pengembangan dan eksplorasi), pendampingan buruh migran, pendampingan ekonomi dan lingkungan pesisir, penerapan Inovasi Teknologi (TTG) dan gerakan anti korupsi.

“Beberapa lokalitas yang ada di film Desa Penari banyak dicari oleh orang, salah satunya adalah Banyurowo yang saat ini menjadi desa wisata. Itu juga salah satu yang menginspirasi,” ujarnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut