get app
inews
Aa Read Next : Pilwali 2024, Bos Kebab Turki Nilai Surabaya Butuh Pemimpin Muda dan Pebisnis

Ideologi Pancasila Digelorakan di Surabaya, Ini yang Dilakukan BPIP

Selasa, 26 Juli 2022 | 10:47 WIB
header img
Ratusan pengurus Jejaring Panca Mandala (JPM) dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur menggelar pendidikan untuk memperkuat ideologi Pancasila.(Foto : ist)

SURABAYA, iNews.id – Pembinaan Ideologi Pancasila digelorakan di Kota Pahlawan. Ratusan pengurus Jejaring Panca Mandala (JPM) dari 38 kota dan kabupaten di Jawa Timur menggelar pendidikan untuk memperkuat ideologi Pancasila.

Kegiatan ini dimotori Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia di hotel Grand Dafam Surabaya selama tiga hari, mulai Senin hingga Kamis (25-28/7/2022). Acara ini diikuti sebanyak 190 peserta yang merupakan pengurus JPM yang baru dibentuk di 38 Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut dibuka dan diresmikan oleh Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Ir. Prakoso, M.M melalui sistem daring. Dalam sambutannya ia manyampaikan bahwa Pancasila adalah dasar dari didirikannya negara Indonesia.

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa, memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Dalam kedudukannya yang demikian Pancasila menempati kedudukan yang paling tinggi, sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber hukum dasar nasional dalam tata hukum di Indonesia.

“Dengan kegiatan ini diharapkan nilai-nilai ideologi Pancasila terus dijaga dan dibumikan akan negara Indonesia tetap kuat dan kokoh berdiri seperti cita-cita para leluhur,” kata Prakoso.

Ia mengatakan jejaring panca mandala merupakan jaringan BPIP yang bertugas melaksanakan program pembinaan ideologi Pancasila di daerah masing-masing. Jejaring panca mandala terdiri lima unsur. Yakni, pemerintah daerah, civitas akademika, pelaku usaha, media dan organisasi masyarakat. “Lima unsur itu berkolaborasi menjadi satu dan bergotong royong melakukan program pembinaan penguatan ideologi Pancasila di daerah,” ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut