get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Diyakini Jadi Gerbang Masuk Pintu Ghoib, Ritual Malam 1 Suro Alas Purwo Didatangi Penganut Kejawen

Sabtu, 30 Juli 2022 | 19:36 WIB
header img
Salah satu lokasi yang menjadi incaran ritual penganut Kejawen adalah Alas Purwo Banyuwangi.(Foto : siswanto)

BANYUWANGI, iNews.id - Malam 1 Suro menjadi waktu yang di tunggu-tunggu sebagian masyarakat Indonesia. Mereka mencari lokasi untuk bisa melaksanakan ritual wajib tahunan bagi penganut kejawen.

Salah satu lokasi yang menjadi incaran ritual penganut Kejawen adalah Alas Purwo Banyuwangi. Masyarakat Kejawen dari berbagai daerah tumplek blek di kawasan hutan yang dikenal paling angker di tanah Jawa paling ujung timur ini. Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) masuk wilayah Desa Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi. setiap 1 Suro banyak dikunjungi masyarakat melakukan ritual. 

Kepala Resort Hariyanto mengatakan, Petugas Taman Nasional Alas Purwo bersama Anggota Polsek Tegaldlimo dan Camat Tegaldlimo melakukan patroli dan menghimbau pengunjung yang akan melaksanakan ritual di Alas Purwo. Petugas menghimbau para pengunjung dan pelaku ritual agar tetap menjaga keamanan diri karena situasi malam di hutan.

"Pengunjung di Taman Nasional Alas Purwo, mencapai 1355 orang. Dalam kegiatan malam 1 Suro tahun ini pengunjung dari mancanegara mencapai 22 orang," ucap Hariyanto. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut