Untuk itu, kata dia, harus ada upaya pencegahan di lingkungan sekolah. Yakni dengan penyebaran kesadaran kepada murid terkait cyberbullying, tidak melakukan viktimisasi, serta menjadikan cyberbullying dan dampaknya sebagai topik pelajaran yang relevan di sekolah.
“Pada dasarnya, anak adalah anak. Sebagai pendidik kita perlu lebih bersikap terbuka terhadap apa yang kita tidak tahu. Memberikan contoh menghargai sesama manusia dengan dekat dan menjadi teman bagi siswa. Dalam banyak kasus cyberbullying, yang menyelamatkan siswa bukanlah hukum atau pendisiplinan melainkan respons dari lingkungan terdekat termasuk guru,” tuturnya.
Sebagaimana diketahui, saat ini akses internet menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh semua orang, termasuk anak-anak.
Bagi siswa, internet memang sangat menunjang kegiatan belajar, terutama di masa pandemi. Beragam manfaat mulai dari sarana komunikasi hingga mendapatkan informasi.
Editor : Ali Masduki