get app
inews
Aa Read Next : Prabowo Perintahkan Kapal Perang Buatan PAL Indonesia Perkuat Satuan Tempur di Perbatasan

Jogo Kali Suroboyo, Prajurit TNI AL Koarmada II Diterjunkan ke Sungai Kalimas

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:10 WIB
header img
Gotong royong membersihkan sampah di sepanjang bantaran sungai Kalimas Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - TNI Angkatan Laut Koarmada II menerjunkan ribuan prajurit ke Sungai Kalimas Surabaya, Sabtu (13/8/2022). 

Tercatat, ada sebanyak 5.000 personel yang terdiri prajurit Koarmada II dan masyarakat Surabaya menyisir sungai yang menjadi ikon kota Pahlawan tersebut. 

Mereka gotong royong membersihkan sampah di sepanjang bantaran sungai Kalimas, mulai jembatan pintu air Petekan hingga Monkasel yang berada di tengah Kota Surabaya.

Kegiatan tersebut merupakan program Suroboyo Berlian Kasih (Surabaya Bersih Lingkungan- Kali Bersih), dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 dan HUT TNI AL ke-77 tahun 2022 bertajuk “Dari Pekik Merdeka Hingga Gelora Jalesveva Jayamahe”. 

Melibatkan prajurit Kotama TNI AL wilayah Surabaya (Kodiklatal, AAL, Lantamal V, Pasmar 2, Satlinlamil, UPT Mabesal), TNI AD, TNI AU dan Polri. Selain itu juga melibatkan instansi pemerintahan, organisasi masyarakat, pelajar dan pihak swasta. 

Selama pembersihan juga melibatkan alat berat Escavator dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Surabaya, serta puluhan truk pengangkut sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Surabaya. Selain itu melibatkan 5 unit perahu karet perhari dan hari ini 30 unit perahu karet.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, serta para Pankotama TNI AL Surabaya bahkan ikut terjun menyusuri sungai.

Emil Dardak menyebut, kegiatan bersih-bersih yang dilakukan ini cukup luar biasa dan keteladanan yang harus diikuti. Kata dia, hal ini menjadi wujud kemanunggalan. 

"Kita ingin merubah persepsi dulu kalimas itu ada dibelakang kita sekarang kali ada di wajah kita. Gubernur Jatim punya cita-cita, kalimas ini menjadi sebuah urat nadi, tulang punggung dan menjadi identitas bagi masyarakat Surabaya," ucap Emil.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut