get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Berduka, Jejak Sang Penerobos Rizal Ramli Telah Berpulang, Ini Catatan Perjalanan Karirnya

Analisa Isi Pidato Presiden Jokowi, Rizal Ramli Ingatkan Windfall Profit Tak Bertahan Lama

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 14:07 WIB
header img
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Foto: ANTARA/Galih Pradipta.

SURABAYA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan berbagai hal melalui pidato kenegaraannya dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI Selasa (16/8/22) lalu.

Jokowi berbicara mengenai tantangan global yang kian tak pasti, seperti pandemi Covid-19 yang belum usai ditambah dengan perang Rusia-Ukraina kini justru menyebabkan ketidakpastian semakin berlanjut.

"Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Sangat sulit. Tidak mudah. Semua negara di seluruh dunia sedang menghadapi ujian yang sama. Krisis kesehatan pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia juga belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi," terang Jokowi. 

Dia menambahkan, 107 negara terdampak krisis, dan sebagian di antaranya diperkirakan akan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

Ujian ini dinilai tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Namun, Jokowi mengatakan bahwa di tengah tantangan yang berat, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini.

Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini ia sebut jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7 persen dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen. Bahkan, sampai pertengahan tahun 2022, APBN surplus Rp106 triliun.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut