get app
inews
Aa Read Next : Viral! Jamaah Shalat Idul Fitri Bubar Lihat Khotbah Ceramah Politik, Ini Respon Ketua MUI Sukolilo

Kisah Presiden Jokowi, Pernah Pinjam Bank Rp30 Juta untuk Pengembangan Usaha

Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:35 WIB
header img
Perjalanan karir Presiden RI, Joko Widodo tak semulus yang dibayangkan. Ia pernah memiliki pengalaman meminjam uang Bank Rp30 juta. Foto Okezone

JAKARTA, iNews.id - Perjalanan karir Presiden RI, Joko Widodo tak semulus yang dibayangkan. Sewaktu menjadi pelaku usaha mikro kecil (UMK), ia pernah memiliki pengalaman meminjam modal ke bank senilai Rp30 juta.

Kisah perjalanan hidup Jokowi ini diungkapkan sewaktu memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) pelaku usaha mikro kecil (UMK) perseorangan di GOR Toware (HMS), Kabupaten Jayapura. Jokowi menyebut saat dirinya menjadi pelaku UMKM, bunga bank pada saat itu berbeda dengan sekarang. Di mana saat ini bunga bank hanya 3% dan itu pun disubsidi oleh pemerintah.

"Saya dulu ingat pertama kali berusaha saya pinjem Rp30 juta ke bank tapi bunganya gak kayak KUR sekarang bunganya mahal dulu (beda). KUR sekarang bunganya berapa? 3% tapi itu disubsidi pemerintah supaya usaha mikro usaha kecil kita bisa berkembang dengan cepat. Jadi segera manfaatkan yang namanya NIB ini kemudian akses ke permodalan yang namanya KUR," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (31/8/2022).

Kini, dia mengaku senang dapat memberikan NIB kepada pelaku usaha di luar Jakarta. "Saya senang setelah di Jakarta, kemudian NIB (diberikan) diluar Jawa yang pertama dilakukan di tanah Papua di Jayapura. Karena saya tahu menterinya dari Jayapura saya tahu," ucapnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut