SURABAYA, iNews.id - Memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2022, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Surabaya Tanjung Perak berbagi kebahagiaan kepada seluruh pesertanya.
Selain memberikan sejumlah kejutan, pelayanan spesial oleh Kepala Kantor Cabang Surabaya Tanjung Perak, Theresia Wahyu Dianti, dan bekerja sama dengan RS PHC mengadakan Mini MCU dan Health Talk, BPJamsostek Cabang Surabaya Tanjung Perak juga menyerahkan santunan kematian kepada dua ahli waris dan memberikan bantuan promotif preventif.
Secara simbolis, santunan kepada dua ahli waris diserahkan oleh Kepala Cabang BPJamsostek Surabaya Tanjung Perak Theresia Wahyu Dianti.
Santunan yang pertama diserahkan kepada ahli waris Kastiawan, salah satu peserta dari perusahaan PT Pelindo Daya Sejahtera Unit BJTI Surabaya yang mengalami kecelakaan kerja saat kontainer yang sedang diangkat oleh mesin Reach Stacker (RS) jatuh dan menimpa head truck yang dikemudikannya.
Total manfaat yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris adalah Rp382.948.812. Terdiri dari santunan kematian akibat kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah yang dilaporkan sebesar, yakni Rp210.022.992. Kemudian biaya pemakaman sebesar Rp10.000.000, santunan berkala selama 24 bulan yang dibayarkan secara sekaligus sebesar Rp12.000.000.
Selanjutnya, dua orang anak almarhum yang saat ini masih duduk di kelas 3 STM dan SMP, mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan sampai dengan menyelesaikan kuliah dengan nilai total Rp138.000.000.
Secara otomatis, saldo Jaminan Hari Tua (JHT) juga diserahkan kepada ahli waris sebesar Rp 12.925.820 beserta manfaat Jaminan Pensiun (JP) yang diberikan secara berkala sebesar 363.300 setiap bulan.
Santunan kedua yakni diserahkan kepada ahli waris dari Arif Priyantoro, salah satu pengemudi GOJEK yang mengalami kecelakaan kerja saat mengantar orderan kepada customer.
Total Manfaat yang diterima adalah Rp 155.500.000 terdiri dari santunan kematian akibat kecelakaan kerja sebesar 48 kali upah yang dilaporkan sebesar Rp 48.000.000. Kemudian biaya pemakaman sebesar Rp10.000.000, santunan berkala selama 24 bulan yang dibayarkan secara sekaligus sebesar Rp12.000.000. Selanjutnya santunan beasiswa untuk 1 orang anak dengan nilai maksimal Rp 85.500.000.
Theresia memastikan, BPJamsostek akan memerikan seluruh hak jaminan sosial kepada keluarga korban.
"Sebesar apapun manfaat yang diberikan, tidak dapat menggantikan kehadiran orang yang dicintai. Namun kami berharap semoga santunan yang diperoleh bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk biaya pendidikan anak dan kesejahteraan hidup keluarga," tuturnya.
Ia mengajak semua lapisan masyarakat pekerja menyadari bahwa asuransi merupakan kebutuhan tenaga kerja karena manfaatnya sangat luar biasa, terutama bagi ahli waris.
"Apalagi jika ahli waris memiliki anak yang harus menempuh pendidikan, maka akan mendapatkan beasiswa pendidikan hingga lulus Sarjana," tegasnya.
Pada momen perayaan Harpelnas yang mengusung tema "Mendorong Pekerja Indonesia Tumbuh dan Kuat" ini juga menjadi momentum refleksi dan peningkatan pelayanan terbaik setelah mengalami masa pandemi Covid-19.
Theresia Wahyu Dianti mengatakan BPJS Ketengagakerjaan hadir untuk kaum pekerja sebagai pelanggannya. Menurutnya, pelanggan adalah raja. Raja harus dilayani dan mendapatkan apa yang sudah dijanjikan sejak awal.
"Untuk itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial tetap berkomitmen melakukan pelayanan terbaik kepeda seluruh pekerja," terangnya.
Disamping itu juga, BPJAMSOSTEK Surabaya Tanjung Perak Juga menyerahkan Bantuan Promotif dan Preventif berupa 36 paket Sembako (Beras manis 5 kg, Gula 1 kg, Minyak 1 lt, Susu, dan Madu gr) dan 62 paket APD berupa Helm Keamanan Proyek, Sarung Tangan, dan Rompi Keama-nan Tali Silang yang akan dibagikan kepada beberapa perusahaan yang sudah menjadi peserta BPJAMSOSTEK.
Theresia menyatakan, kegiatan Promotif Preventif merupakan agenda rutin BP Jamsostek setiap tahunnya dan kita serahkan bersamaan dengan even HARPELNAS ini.
Bantuan disalurkan agar seluruh pekerja mendapat perlindungan yang berkesinambungan sehingga mengurangi resiko kecelakaan kerja.
Hari Pelanggan Nasional merupakan program nasional yang dicanangkan setiap tanggal 4 September. Setiap cabang BPJamsostek ikut merayakan dengan menyambut dan memulyakan para peserta.
Momen ini untuk meningkatkan cakupan mengingat sampai sekarang belum semua pekerja di Indonesia terlindungi BPJamsostek. Sehingga kolaborasi dengan pemerintahan daerah dan semua mitra untuk memperluas cakupan perlindungan merupakan jalan terbaik demi terwujudnya masyakarat sejahtera.
Pada kesempatan sama, Sekretaris Kecamatan Asemrowo Maya Thosuly meresmpon positif pada Harpelnas 2022 yang diselenggarakan BPJamsostek Surabaya Cabang Tanjung Perak.
"Kami perwakilan kecamatan sangat merespon positif di Harpelnas. Saya kali kedua diundang disini. Karena pelanggan ini ibarat raja yang harus diberikan pelayanan yang terbaik," ujarnya.
Menurut Maya, BPJamsostek begitu banyak manfaat yang diberikan kepada peserta. Meski demikian, perlu disosialisasikan secara masif agar semakin diketahui masyarakat secara luas.
"BPJamsostek ini memang kami melihat sendiri begitu gampang dan sederhana bahkan tidak ribet. Dengan manfaat sebegitu besar, sayang kalau ada yang melewatkan. Warga kita itu memang benar-benar butuh. Di wilayah kami sepertinya masih banyak yang belum menjadi peserta. Baik itu pekerja formal maupun informal," pungkasnya.
Editor : Ali Masduki