get app
inews
Aa Read Next : Muktamar ke XX IMM, Firdaus Suudi Terpilih Jadi Bendahara Umum DPP IMM

Puti Tegaskan Bung Karno Pernah Jadi Pengurus Muhammadiyah ​​​​​​​

Selasa, 23 November 2021 | 11:52 WIB
header img
Anggota MPR RI, Puti Guntur Soekarno mencatat Bung Karno pernah menjadi salah satu pengurus Muhammadiyah.( Foto : iNewsSurabaya/arif)

SURABAYA, iNews.id – Teka-teki Presiden RI Pertama, Soekarno pernah aktif sebagai kader Muhammadiyah mulai terjawab. Anggota MPR RI, Puti Guntur Soekarno mencatat Bung Karno pernah menjadi salah satu pengurus Muhammadiyah.

Fakta ini diungkapkan Puti dalam ‘Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika’ di Surabaya melalui virtual. Sebagai cucu Bung Karno, Puti menegaskan kalau Bung Karno merupakan anggota Dewan Pengajar Muhammadiyah di Bengkulu, dan aktif melakukan pengajaran.

“Apa yang dilakukan Bung Karno sejalan dengan KH Ahmad Dahlan, apalagi Bung Karno merupakan anggota Dewan Pengajar Muhammadiyah Bengkulu. Ini masih ada arsipnya,” kata Puti Guntur Soekarno, Anggota MPR RI dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika secara virtual di Surabaya.

Puti menuturkan, adanya pemikian yang sama antara Bung Karno dan KH Ahmad Dahlan memunculkan ide keberadaan sila-sila yang ada di Pancasila. Sila-sila tersebut merupakan bangunan demokrasi spiritual Bangsa Indonesia, karena Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragama.

“Jadi setiap warga Negara lahir dan meninggal merupakan bangsa yang memiliki agamanya masing-masing,” ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut