get app
inews
Aa Read Next : Alat Pengusir Hama Automatic Light Trap Bantu Petani di Tulungagung

Perangi Hoaks, ITS Kembangkan Game Pramana Sahwahita

Selasa, 23 November 2021 | 15:50 WIB
header img
Dari kiri, Nugrahardi Ramadhani, Renny Pradina Kusumawardani, Naufan Noordyanto, (bawah) Rabendra Yudistira Alamin, Putri Dwitasari, Nurina Orta Darmawati, dan Didit Prasetyo. (Foto: Dok Pribadi)

SURABAYA, iNews.id - Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), mengembangkan game edukasi bernama Pramana Sahwahita. Gama ini untuk meningkatkan kualitas baca dan kesadaran masyarakat akan bahayanya berita hoaks.

Proyek Abmas tersebut merupakan ide hasil kolaborasi Sustainable Development Goals (SDGs) ITS bersama Departemen DKV ITS dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). 

Ketua tim Abmas, Nugrahardi Ramadhani, mengatakan proyek ini memiliki konsep dengan mekanika permainan, seperti achievement, motivation, learning, dan challenge. 

“Dibandingkan konsep game yang menghibur, gamifikasi kami mengombinasikannya dengan proses pembelajaran,” katanya, Selasa (23/11).

Menurutnya, untuk mengedukasi masyarakat memerlukan media kreatif yang tidak biasa. Untuk itu, tim yang terdiri dari tujuh dosen yakni Nugrahardi Ramadhani, Rabendra Yudistira Alamin, Putri Dwitasari, Nurina Orta Darmawati, Didit Prasetyo, Naufan Noordyanto yang berasal dari Departemen DKV ITS, dan Renny Pradina Kusumawardani dari Departemen SI ITS, sepakat mengembahkan game Pramana Sahwahita yang dikemas dengan genre visual novel.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut