Di sisi lain, National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma menambahkan, secara umum pelaksanaan Front Row Paris sesuai target, bahkan melebihi ekspektasi. Stakeholder, buyer, media, dan influencer di Eropa turut hadir dan mengapresiasi positif terhadap karya-karya desainer Indonesia.
”Mungkin kerjasama atau transaksi bisnis tidak harus instan sekarang, tetapi potensial bekerjasama jangka panjang. Seperti perwakilan dari Who’s Next dan Tranoi, pameran dagang fesyen B2B terbesar di Eropa, yang hadir dan terbuka potensi kerjasama dengan mereka ke depan. Dari pengalaman ini, kami optimis desainer dan brand fesyen Indonesia dapat memperkuat produk dan bisnisnya untuk diterima di pasar Eropa,” tutur Ali.
Seremoni Front Row Paris 2022 di La Galerie Bourbon Paris diresmikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Perancis, Mohamad Oemar yang menyatakan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris mendukung penuh perhelatan ini untuk mempromosikan potensi industri fesyen Indonesia ke pasar dunia melalui Eropa yang memiliki berbagai kota pusat mode dunia.
Dengan dukungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Republik Indonesia, Front Row Paris 2022 dapat memberikan citra positif untuk Indonesia sebagai negara dengan pelaku UMKM sektor fesyen yang kreatif dan inovatif dalam menawarkan hal-hal terbarukan.
Di Front Row Paris, desainer yang unjuk gigi antara lain Novita Yunus, Sofie X Rose.Ma.Lina, Nina Nugroho, Mida Gita Fitria, Lisa Fitria, Lenny Agustin, Ali Charisma, Deden Siswanto, dan beberapa jenama lokal seperti Hikmat Fashion, BBPPMVP BISPAR X SMKN 3 Malang, Nura Boutique by Oewi Wahyono, Rumah Kebaya Vielga, Tenun Gaya by Wignyo, LAELYIND, dan ISWI Fashion Academy.
Editor : Ali Masduki