get app
inews
Aa Read Next : Soal Nasib Foto Jurnalistik di Era Digital, Ini Kata Ketua Dewan Pres Ninik Rahayu

Puluhan Jurnalis Foto Antusias Ikuti Uji Kompetensi

Sabtu, 24 September 2022 | 11:45 WIB
header img
Sebanyak 33 jurnalis foto mengikuti Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta. Foto/Dok PFI

JAKARTA, iNewsSurabaya.id – Puluhan jurnalis foto yang tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia (PFI) antusias mengikuti Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta.

Tercatat, ada sekitar 33 peserta yang datang dari Aceh, Palembang, Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Depok, dan Bali. Mereka mengikuti UKPFI yang difasilitasi oleh Dewan Pers untuk jenjang muda.

Ketua Umum PFI Reno Esnir mengatakan, UKPFI merupakan program peningkatan kompetensi pewarta foto. Ia mengapresiasi antusias anggota PFI dari berbagai daerah yang begitu semangat datang di Jakarta untuk ikut ujian.

“Luar biasa antusiasme teman-teman pewarta foto, saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya. Dan juga kepada Dewan Pers yang telah memberikan fasilitas UKPFI gratis,” ujar Reno.

UKPFI menyertakan tiga orang penguji magang yang mendampingi enam orang penguji utama. Para penguji utama yaitu Becky Subechi, Gino F. Hadi, Hermanus Prihatna, Maha Eka Swasta, Saptono, dan Zarqoni Maksum. 

Sedangkan tiga orang penguji magang adalah Alex Suban, Dikhy Sasra, dan Oscar Motuloh. Ketiganya akan segera ditetapkan sebagai penguji utama setelah menyelesaikan tiga kali proses ujian dan magang.

"PFI Pusat mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers, penguji, para peserta, dan panitia pelaksana yang telah bekerja keras mengawal Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia," tandas Reno Esnir.

Hadir membuka UKPFI anggota Dewan Pers Yadi Hendriyana, dan Tri Agung Kristanto bersama Ketua Umum PFI Reno Esnir dan Sekjen Hendra Eka beserta perwakilan dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Radio Repubik Indonesia (RRI). 

Sebelum dimulai ujian, seluruh peserta mengawali dengan doa bersama atas kepergian Ketua Dewan Pers, Prof. Azyumardi Azra yang wafat beberapa hari yang lalu.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut