get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Tradisi Ngosar di Sampang Jelang Hari Raya Idul Fitri, Begini Uniknya!

Ini Ngerinya Suku Dayak yang Pernah Berseteru dengan Orang Madura, Pria Bisa Hilang Alat Vitalny

Rabu, 05 Oktober 2022 | 11:49 WIB
header img
Suku Dayak memiliki kelebihan, mereka terkenal dengan magis. Jadi jangan main-main dengan Suku Dayak apalagi sampai mengecewakan gadis Dayak. Foto MPI

2. Dilarang menghina patung kayu

Jika diperhatikan, di Kalimantan banyak rumah adat yang di depannya terdapat patung terbuat dari kayu. Konon, ini bukanlah patung biasa melainkan simbol untuk leluhur suku Dayak yang sudah meninggal. Larangan yang ada tentang kayu ini, jangan pernah menghina bentuknya, sekalipun dalam hati. Ada banyak kejadian orang-orang yang menghina patung ini dan kemudian diganggu oleh makhluk halus. Gangguan ini akan terus ada sampai para penghina meminta maaf kepada pihak keluarga yang dihina. 
 
3. Jangan permainkan gadis Dayak 

Siapa sih yang tidak terpesona dengan kecantikan para gadis suku Dayak. Siapapun yang melihatnya, sudah pasti akan terpikat. Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan bagi para pria, terkait dengan gadis-gadis Dayak. Ini tentang larangan untuk tidak pernah mengganggu gadis-gadis Dayak atau mempermainkannya. 


Suku Dayak. Foto Okezone

Menurut mitos yang beredar, siapapun yang mengganggu mereka, lebih-lebih mempermainkannya, dipastikan akan hilang alat vitalnya. Memang terdengar sangat mustahil tetapi sudah banyak cerita tentang hal ini. 

4. Bersikap sopan saat berkunjung ke makam Suku Dayak 

Akan jadi pengalaman unik tersendiri, jika bisa mampir ke tempat sakralnya Suku Dayak. Salah satunya adalah area pemakaman. Cara penguburan orang Dayak terbilang cukup unik. Pasalnya, mereka membuat semacam makam di atas tanah berbentuk seperti bangunan balok yang disanggah. Meskipun sangat unik, makam ini mengandung daya magis yang cukup kuat. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut