get app
inews
Aa Read Next : LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk Periode Mendatang, Ini Alasannya

LPS Jamin Keamanan Dana Nasabah di Bank, Ini Syarat yang Dibutuhkan

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 10:12 WIB
header img
Lembaga Penjamin Simpanan mensosialisasikan fungsi untuk menjamin dana nasabah diperankan yang ada di Indonesia. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNews.id - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus melakukan pengenalan keberadaannya. Sebab masih ada masyarakat yang belum mengetahui peran dan fungsi LPS. 

Untuk itu, LPS sangat intens mensosialisasikan peran dan fungsinya, sesuai amanat UU No 24 Tahun 2004. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan dengan fungsinya sebagai otoritas penjamin simpanan.

“LPS hadir sebagai respon atas penguatan sistem perbankan pasca krisis tahun 1997/1998, pada krisis tahun 1997/1998, sebelum ada LPS pemerintah mengeluarkan ratusan triliun untuk menangani krisis keuangan dan perbankan, namun pada saat krisis tahun 2008, pemerintah mengeluarkan Rp3,5 triliun. Disitulah peran dan fungsi LPS dipandang sangat penting,” kata Sekretaris Lembaga LPS, Dimas Yuliharto kepada insan media se-Jawa Timur, di Surabaya, Kamis (06/10/2022).

Seiring waktu dan dinamika yang terjadi, peran dan fungsinya semakin strategis, dengan disahkannya UU PPKSK No 9 Tahun 2016 terkait mandat baru LPS sebagai risk minimizer dan UU No. 2/2020 dan PP No 33/2020, dalam rangka penanganan pandemi COVID-19; dan/atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau SSK. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut