get app
inews
Aa Read Next : Musim Hujan Kasus DBD di Jombang Alami Lonjak Tinggi, 5 Warga Meninggal Tragis!

Musim Hujan, KAI Daop 8 Petakan Daerah Rawan

Senin, 17 Oktober 2022 | 14:15 WIB
header img
Pemetaan serta penanganan lokasi daerah rawan yang berpotensi mengganggu keselamatan dan kelancaran perjalanan KA. Foto/Humas Daop 8 Surabaya

SURABAYA, iNews.id - PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan pemetaan serta penanganan lokasi daerah rawan yang berpotensi mengganggu keselamatan dan kelancaran perjalanan KA. Pemetaan tersebut dilakukan menyusul cuaca hujan yang sering terjadi pada akhir-akhir ini.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan jika di wilayah Daop 8 Surabaya pada saat ini terdapat 7 titik rawan bencana, seperti banjir, longsor, hingga pohon tumbang. 

Namun demikian, pihaknya telah melakukan berbagai upaya agar perjalanan KA tetap berjalan dengan selamat dan lancar dengan menempatkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) dan juga menugaskan Petugas Daerah Rawan di lokasi rawan tersebut.

"Dengan antisipasi tersebut, dapat langsung menindaklanjuti apabila ada gangguan, sehingga harapannya perjalanan KA di wilayah Daop 8 tidak terganggu serta tetap selamat dan lancar," katanya, Senin (17/10/2022).

Seperti pada km 32+700 s.d 33+200, jalur KA antara Stasiun Tanggulangin - Stasiun Porong, terdapat potensi banjir. Para petugas yang berdinas telah melakukan antisipasi, yaitu membuat drainase saluran air, maupun memaksimalkan fungsi saluran yang sudah ada.

Selain potensi tersebut, hampir di sepanjang jalur KA terdapat pohon dan adanya serta kabel yang menjuntai diatas rel. Hal yang patut diwaspadai jika pada musim hujan nanti memiliki potensi miring atau roboh ke arah jalur KA yang dapat menggangu dan membahayakan perjalanan KA.

"Tindaklanjutnya, kami kordinasikan dengan Pemerintah daerah dan pemilik tiang, melakukan perampingan dahan pohon dan juga memastikan kondisi tiang kokoh dan tidak roboh yang dapat mengganggu perjalanan KA," jelasnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut