get app
inews
Aa Read Next : Kinerja Perbankan Pulih, OJK Akhiri Kebijakan Restrukturisasi Kredit

Pinjol Ilegal Masih Gentayangan, Ini PR dari Indah Kurnia Untuk Perbankan dan Lembaga Jasa Keuangan

Kamis, 27 Oktober 2022 | 22:52 WIB
header img
Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia menyampaikan sambutan ketika membuka Jatim Inclusion Festival (JIFest), di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Kamis (27/10/2022). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Pinjaman online (pinjol) ilegal hingga saat ini masih bergentayangan. Bahkan tidak sedikit masyarakat dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terjebak. 

Banyaknya korban tersebut dikarenakan lembaga jasa keuangan 'ilegal' memberikan tawaran dan investasi kepada masyarakat dengan iming-iming cepat dan mudah.

Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia menuturkan, bahwa keberadaan lembaga 'ilegal' ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama baik perbankan maupun lembaga jasa keuangan di Indonesia. 

Untuk itu, Indah berharap semua lembaga keuangan bersama-sama mengcounter keberadaan lembaga keuangan yang ilegal tersebut. Perbankan dan lembaga jasa keuangan harus memikirkan bagaimana membuat suatu produk yang bisa memberikan pembiayaan dengan cara yang mudah dan cepat. 

"Karena masyarakat kita maunya mudah dan cepat, tidak memikirkan rate yang tinggi. Yang penting dipermudah dan dipercepat, itu kadang-kadang kebutuhan mereka," tuturnya dalam pembukaan Jatim Inclusion Festival (JIFest), di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Kamis (27/10/2022).

 

Disisi lain, pada masa pemulihan ekonomi pasca Covid-19 ini UMKM juga membutuhkan akses permodalan yang tidak rumit. 

"Daripada mereka tertangkap oleh para rentenir, atau lembaga yang tidak resmi, itu kasihan sekali," ucap Indah.

Ia mengungkapkan, selain memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia, UMKM juga banyak menyerap tenaga kerja. Secara nasional, 90 persen tenaga kerja diserap oleh UMKM.

"Dan ini adalah sektor yang tahan banting. Terbukti, di setiap krisis UMKM yang jatuh gampang bangkit lagi," tegasnya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut