get app
inews
Aa Read Next : GRS Hipnotis Ribuan Penonton di Kejuaraan Drumband Piala Wali Kota Surabaya 2024

Seperti Yang Tuhan Telah Ciptakan

Senin, 31 Oktober 2022 | 10:48 WIB
header img
Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi

Di antara sekian banyak perseteruan dalam sejarah umat manusia, mungkin perseteruan antara rasio dan wahyu adalah salah satu jenis perseteruan yang begitu abadi dan _legend_. Dalam sejarah agama, perseteruan ini menandai perkembangan dan pergulatan hidup para pemeluknya. Perseteruan ini telah melahirkan mazhab-mazhab teologis yang tidak jarang saling mengkafirkan, bahkan perang yang saling memusnahkan.

Konflik rasio vs wahyu ini juga menjadi episode penting dalam sejarah sains. Dalam satu penggal sejarah dan di mata kelompok agamawan tertentu, sains dianggap sebagai sejenis kesombongan manusia di depan Tuhan. Usaha-usaha dan capaian-capaian sains dituduh sebagai tantangan terhadap kekuasaan Tuhan. Berbagai eksperimen sains ditengarai sebagai upaya untuk membongkar rahasia Tuhan dan upaya makar untuk menggusur Tuhan dari singgasana-Nya.

Itulah yang bisa kita lihat dalam sepenggal _scene_ film *_Something the Lord Made_* (Sesuatu yang Tuhan telah Ciptakan). Film ini berkisah tentang sejarah operasi jantung pertama di RS Universitas Johns Hopkins di Amerika Serikat pada 1943. Tokoh utamanya adalah dr. Alfred Blalock (Alan Rickman) dan asistennya Vivien Thomas (Mos Def).

Di masa itu, ada sebuah tabu di kalangan kedokteran, agar setiap operasi medis tidak sampai menyentuh jantung pasien. Tapi Blalock justru akan melakukan operasi jantung seorang balita yang sedang menderita penyakit _blue baby_. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut