get app
inews
Aa Read Next : GRS Hipnotis Ribuan Penonton di Kejuaraan Drumband Piala Wali Kota Surabaya 2024

Seperti Yang Tuhan Telah Ciptakan

Senin, 31 Oktober 2022 | 10:48 WIB
header img
Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi

_Blue baby_ adalah sejenis penyakit kekurangan oksigen pada darah yang membuat kulit bayi membiru. Salah satu penyebabnya adalah adanya kelainan pada jantung seorang bayi sehingga pemompaan darah dari jantung ke paru-paru dan dari paru-paru ke jantung tidak normal, sehingga darah kekurangan oksigen.

Bisa dibayangkan betapa rumitnya operasi jantung seorang bayi. Organ dalamnya masih selembut bubur. Hari-hari menjelang operasi, orang tua si anak dan dr. Blalock sangat tegang. Si orang tua berkonsultasi dengan seorang pendeta. Dengan sangat bersahaja dan kebapakan, si pendeta menasihatinya agar tidak melanjutkan operasi jantung anaknya karena Tuhan punya rencana sendiri dengan penyakit kelainan jantung si anak.

Ucapan yang sama juga disampaikan sang pendeta kepada dr. Blalock. Bahkan dia menuduhnya menentang rencana Tuhan. Dengan muka dingin dan nada datar, dr. Blalock menimpali, "Jika seperti itu, berarti Tuhan berencana membunuh bayi tersebut".

Begitulah, konflik itu hingga kini belum sepenuhnya bisa didamaikan. Sering kita dengar ceramah agamawan yang meremehkan bahkan mencibir ilmuan atas nama kesalehan pada Tuhan. Tidak jarang pula ilmuwan merendahkan agama sebagai dongeng masa lalu yang menghambat kemajuan peradaban manusia. 

Tuhan memang Zat yang Mahasempurna. Tapi seluruh makhluk ciptaan-Nya tidak ada yang sempurna. Manusia dianugerahi rasio untuk mengelola alam ciptaan Tuhan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut