get app
inews
Aa Read Next : Tadarus Politik Milenial, Gus Sadad Ladeni Pertanyaan Kritis Mahasiswa

Mas Andi Ajak Santri PPTQ Sunan Ampel Tauladani Jiwa Wirausaha ala Nabi Muhammad

Rabu, 02 November 2022 | 09:45 WIB
header img
Mas Andi yang terus mendorong pondok pesantren untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai jual. Foto/Istimewa

Oleh karena itu, Mas Andi mendukung para santri dan santriwati jika ingin menjadi pengusaha. Namun dia mengingatkan bahwa menjadi pengusaha juga harus sesuai dengan 4 sifat atau karakter Nabi Muhammad SAW yang sukses dalam berdakwah dan berbisnis.

"4 Sifat Rosulullah itu yakni Fatonah, Amanah, Shiddiq, dan Tabligh atau kalau disingkat adalah FAST," jelas Mas Andi.

Secara rinci, dia menjabarkan, Fatonah atau cerdas, dimana seorang pengusaha harus pintar dan kreatif, sehingga bisa bermanfaat dan mengangkat derajat orang lain. Amanah, bahwa seorang pengusaha harus bisa dipercaya. Komitmen apapun dengan mitra kerja termasuk utang piutang harus bisa dipertanggung jawabkan.

Shiddiq, harus bertindak yang benar dan jujur pada diri sendiri dan orang lain. Dan keempat adalah Tabligh, dimana pengusaha harus menyampaikan apa adanya ata produk dan menjadi marketing yang unggul.

"Dan yang tidak kalah penting adalah niat. Innamal a'malu binniyat, bahwa sesungguhnya segala perbuatan itu bergantung pada niatnya. Jadi luruskan dulu niat, bahwa tujuan kita mencari rezeki jangan untuk dunia saja, tapi juga akhirat," ulas Mas Andi.

Untuk itu, ketika memperoleh rezeki atau keuntungan, dia mengingatkan untuk menyisihkan sekitar 10 persen untuk beramal, misalnya dengan menyumbangkan ke masjid, pondok pesantren, atau lembaga amil zakat. "Kita niatkan bantu angkat derajat orang lain. Kita mengejar akhirat, insha Allah urusan dunia akan mengikuti," ujarnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut