Logo Network
Network

Bentuk Agen dari Kalangan Pelajar, KPU Jatim Kumpulkan Puluhan Siswa di Jember

Ali
.
Kamis, 03 November 2022 | 17:03 WIB
Bentuk Agen dari Kalangan Pelajar, KPU Jatim Kumpulkan Puluhan Siswa di Jember
KPU Jatim mengumpulkan para pelajar tingkat SMA dan SMK sederajat di Jember, Jawa Timur, Kamis (03/11/2022). Foto/Sekti

JEMBER, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) mengumpulkan para pelajar tingkat SMA dan SMK sederajat di Jember, Jawa Timur, Kamis (03/11/2022). Tercatat, ada 52 siswa dari perwakilan sekolah di wilayah Kabupaten Jember yang ikut berkumpul di Aula Bakorwil V lantai 2, JL. Kalimantan Nomor 42.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menuturkan bahwa pelajar jenjang menengah atas ini merupakan calon pemimpin masa depan. 

Untuk itu, para pelajar harus memahami tentang demokrasi dan tata cara menggunakan hak pilihnya. Terlebih, jumlah pemilih pemula pada pemilu dan pemilihan cukup besar.

"Pemilih pemula adalah calon pemimpin masa depan dan pertama kalinya memberikan suara dalam pemilu/pemilihan. Sehingga perlu diberi pemahaman yang baik tentang demokrasi,” katanya usai sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Jember. 

Gogot Cahyo Baskoro mengungkapkan tujuan diadakan sosialisasi untuk segmen pemilu pemula kali ini yakni agar para siswa-siswi atau para pelajar dapat menjadi agen-agen sosialisasi KPU.

Disisi lain, kata Gogot, kebanyakan pemilih pemula memiliki kondisi psikologis yang labil dan mudah dipengaruhi oleh orang lain dengan informasi yang menyesatkan. 

Berikutnya, pemilih pemula merupakan pemilih idealis karena belum punya beban atau tanggungjawab. Pemilih pemula yang menggunakan hak pilihnya juga memiliki kecenderungan untuk terus berpartisipasi pada momen pemilu/pemilihan selanjutnya.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.