get app
inews
Aa Read Next : Viral! Jamaah Shalat Idul Fitri Bubar Lihat Khotbah Ceramah Politik, Ini Respon Ketua MUI Sukolilo

Pamerkan Enterpreneurship Project, Universitas Ciputra Adakan Demo Day WMK 2022

Rabu, 09 November 2022 | 13:29 WIB
header img
Universitas Ciputra (UC) mendapat kepercayaan oleh Kemendikbud bersama 17 perguruan tinggi lain se Indonesia untuk melaksanakan program hibah Wirausaha Merdeka bagi mahasiswa. Foto iNewsSurabaya/trisna

Terdapat beragam bisnis hasil kerja kreatif mahasiswa WMK UC, antara lain SORGUMNESIA, bisnis yang berangkat dari fenomena di lapangan tentang kurangnya minat beli masyarakat terhadap sorgum karena minimnya edukasi tentang sorgum dan produk turunannya. SORGUMNESIA memiliki visi menciptakan swasembada dan ketahanan pangan di Indonesia, melalui inovasi produk makanan dari biji sorgum yang sekaligus memberdayakan petani sorgum lokal (di Kabupaten Lamongan) dan produsen tepung sorgum. 

Produk olahan SORGUMNESIA berupa BROWNIES dari tepung dan gula sorgum yang bergizi tinggi, gluten free, tinggi serat, memiliki manfaat dapat mencegah kanker dan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu terdapat pula Aplikasi augmented reality Buku Aplikasi Good and Bad Characters, sebagai aplikasi yang menampilkan model atau objek 3D melalui gadget yang terhubung oleh aplikasi augmented reality. 

Model 3D yang dihasilkan akan muncul seperti Pop-Art dan menghasilkan suara. Aplikasi tersebut digunakan untuk memperkenalkan literasi finansial sejak dini ke anak-anak pra sekolah, sehingga bisa menanamkan pengalaman dan pengetahuan keuangan dalam diri anak, yang diharapkan bisa membentuk karakter dan kebiasaan yang baik tentang keuangan di kemudian hari.

Bisnis-bisnis hasil besutan mahasiswa WMK UC wajib mengintegrasikan SDGs (sustainable development goals) agar sesuai dengan tema WMK UC; Become Entrepreneurs to Build Sustainable Business. Selama demo day yang berlangsung pada 9-10 november 2022, 42 tim bisnis akan menampilkan sustainable business model lengkap dengan prototipe. 

Tidak hanya itu, mereka juga mewawancarai pengunjung untuk mendapatkan feedback untuk pengembangan bisnis dan produk mereka. Demo day tahap berikutnya dilakukan pada Desember 2022, untuk validasi final sebelum penutupan program WMK UC.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut