get app
inews
Aa Read Next : Trilliun Group-Pemkab Sidoarjo dan Dinas Pangan Sinergi Majukan Pertanian Mandiri

Mahasiswa Universitas Anwar Medika Ajak Pasien ODGJ Lebih Produktif

Selasa, 15 November 2022 | 07:37 WIB
header img
Beragam aktifitas yang diusung membuat pasien ODGJ semakin berwarna. Foto/Dok Himateklabmed

SIDOARJO, iNews.id - Himpunan mahasiswa D3 Teknologi Laboratorium Medis Universitas Anwar Medika (Himateklabmed) mengajak pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) lebih produktif.

Ajakan tersebut direalisasikan ketika mereka melaksanakan kegiatan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

P2MD dengan judul 'Penerapan Life Style Dengan Pendekatan GAP Pada ODGJ Di Desa Sambibulu Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur' itu merupakan hibah batch 2 dari program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Program yang diikuti oleh seluruh organisasi mahasiswa tingkat diploma ini dilaksanakan dengan 2 tahap.

Tim Himateklabmed merealisasikannya pada batch 2. Batch 2 dilaksanakan dari bulan Agustus hingga November 2022.

Pembimbing tim P2MD Himateklabmed, Dr. Arif Rahman Nurdianto dr. M.imun mengatakan, di Sambibulu terdapat 3 Dusun meliputi Sambiroto, Sambisari, dan Sambibulu. Setiap Dusun memiliki jumlah pasien ODGJ tertentu.

Pasien ODGJ sebelumnya sudah diberikan kegiatan produktif berupa pembuatan kerajinan tangan dalam kegiatan posyandu jiwa.

Posyandu jiwa merupakan kegiatan yang di programkan bersama dengan tim Puskesmas Trosobo yang dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali pada minggu ke empat setiap hari Kamis. Namun, kegiatan tersebut belum maksimal.

"Oleh karena itu kami Tim P2MD Himateklabmed membuat sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas bagi pasien ODGJ dan meningkatkan quality of life bagi pasien ODGJ dengan melakukan pendekatan melalui Green Agricultural Practice (GAP)," katanya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut