get app
inews
Aa Read Next : Trilliun Group-Pemkab Sidoarjo dan Dinas Pangan Sinergi Majukan Pertanian Mandiri

HUT Kemerdekaan, Kampung Edukasi Sampah Kampanyekan Peduli Bumi dan Lingkungan dengan Cara Unik

Minggu, 20 Agustus 2023 | 17:20 WIB
header img
HUT Kemerdekaan, Kampung Edukasi Sampah Kampanyekan Peduli Bumi dan Lingkungan dengan Cara Unik. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Kampung Edukasi Sampah mengkampanyekan peduli dan sayangi bumi pada warga. Kampanye dilakukan saat kegiatan karnaval Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia Kelurahan Sekardangan, Minggu 20 Agustus 2023. 

Tampil dengan gaya unik Kampung Edukasi Sampah menampilkan replika bangunan bank sampah berjalan yang dilengkapi replika gambar ATM botol sampah, kasir bank sampah serta menggunakan energi panel surya sebagai tenaga listrik dan dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Bank sampah berjalan Kampung Edukasi Sampah tersebut juga menerima sampah untuk dapat ditukar dengan koin uang dan dapat pula dikonversi dengan pembayaran PBB.

Dalam replika bank sampah tersebut tertuliskan tema “Merdeka Negriku dan Merdeka Sampahku” disertai dengan tulisan “Bayar PBB dengan sampah karena warga bijak taat akan bayar pajak”.

Tak hanya itu, warga Kampung Edukasi Sampah juga mengkampanyekan pengurangan emisi gas buang, dengan ajakan menuju tempat kerja dan sekolah menggunakan sepeda yaitu “Bike to Work” dan Bike to School”. 

Dalam replika bank sampah juga beratapkan gambar panel surya yang merupakan semangat pemanfaatan sumber daya alam (matahari) sebagai sumber daya dalam rangka pengurangan pembuangan emisi gas karbon.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut