get app
inews
Aa Read Next : Trilliun Group-Pemkab Sidoarjo dan Dinas Pangan Sinergi Majukan Pertanian Mandiri

HUT Kemerdekaan, Kampung Edukasi Sampah Kampanyekan Peduli Bumi dan Lingkungan dengan Cara Unik

Minggu, 20 Agustus 2023 | 17:20 WIB
header img
HUT Kemerdekaan, Kampung Edukasi Sampah Kampanyekan Peduli Bumi dan Lingkungan dengan Cara Unik. Foto iNewsSurabaya/ist

Hery Sugiono, Ketua RT,23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo mengatakan bahwa pihaknya menggunakan tema Merdeka Negeriku dan Merdeka Sampahku dalam rangka mendorong masyarakat agar turut serta aktif dalam penyelamatan bumi dan kelola sampah dengan mandiri mulai dari rumah tangga agar volume sampah yang dibuang dapat diminimalisir.

“RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan selama ini menerima sampah untuk alat pembayaran iuran warga demikian juga sebagai pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB)”, ujar Hery.

Didukung puluhan anak-anak muda kader lingkungan yang tergabung dalam kader muda lingkungan, membawa slogan-slogan himbauan untuk melakukan penghijauan, pemilahan sampah, pengolahan sampah, serta selalu menjaga lingkungan agar tetap terjaga kebersihannya.


HUT Kemerdekaan, Kampung Edukasi Sampah Kampanyekan Peduli Bumi dan Lingkungan dengan Cara Unik. Foto iNewsSurabaya/ist

Tak hanya itu, dalam kampanye tersebut melibatkan warga Kampung Edukasi Sampah dengan membawa berbagai replika  dan peralatan pengelolaan sampah dan lingkungan seperti bak sampah terpilah, tong komposter aerob, sumur resapan, sapu, cikrak, dan alat bantu kebersihan lainnya.

Sambil meneriakkan yel-yel motivasi untuk menjaga lingkungan, menjaga bumi seraya membawa bendera merah putih.

Edi Priyanto, Kader lingkungan Kampung Edukasi Sampah yang turut serta dalam kegiatan kampanye mengatakan bahwa sudah saatnya masyarakat semakin sadar dan peduli bahwa bumi perlu disayangi dengan cara aktif menjaga penghijauan dan melakukan penanaman pohon, mengurangi pembuangan emisi gas buang dengan pengurangan penggunaan kendaraan bermotor dan juga aktif melakukan pemilahan dan pengolahan sampah mulai dari rumah.

Pemanasan global, polusi udara semakin meningkat, pencemaran lingkungan oleh sampah harus dikurangi dan dicegah agar tidak semakin membuat bumi dan penghuninya menderita, jelas Edi.

“Dengan melibatkan generasi muda dalam kampanye menjadi cara cukup efektif dalam mengkampanyekan gerakan cinta bumi dan lingkungan”, pungkas Edi.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut