Logo Network
Network

Ratusan Santri Milenial Jatim Siap Lomba Baca Kitab Kuning PKS

Lukman
.
Kamis, 17 November 2022 | 22:11 WIB
Ratusan Santri Milenial Jatim Siap Lomba Baca Kitab Kuning PKS
Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan. Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNews.id - Sebanyak 323 santri dari seluruh Jawa Timur sudah mendaftarakan diri menjadi peserta Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) VI 2022 yang digelar DPP PKS dan Fraksi PKS DPR RI setiap tahunnya. 

Ketua DPW PKS Jawa Timur Irwan Setiawan berharap kegiatan ini bisa terus menjaga tradisi keilmuan. 

Panitia mentargetkan 500 peserta dapat turut serta, oleh karena itu masih dibuka pendaftaran peserta hingga tanggal 27 November 2022. 

Tak hanya itu, melalui LBKK yang terus digelar DPP PKS setiap tahunnya, ia juga berharap agar bisa terus menjaga sanad ilmu agama dari ulama terdahulu. 

Irwan juga berharap santri-santri dari Jawa Timur kembali bisa memenangkan kompetisi bergengsi ini seperti di tahun 2021 lalu. 

LBKK IV tahun 2021 lalu, Sholihan terpilih menjadi juara pertamanya. Santri dari Ponpes Mambaul Falah Bawean ini berhasil membuat juri terpukau atas penguasaan materinya. 

Setelah menang di tingkat Kabupaten, ia kembali terpilih menjadi pemenang juara 1 di tingkat provinsi Jawa Timur.

Saat bertanding melawan pemenang LBKK dari seluruh provinsi di Indonesia, Sholihan dinyatakan menang juara pertama LBKK V 2021. 

Menurut Irwan, LBKK adalah salah satu upaya mendorong para santri untuk terus meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning, yang merupakan referensi dalam berbagai cabang ilmu agama.

“LBKK adalah penghormatan kepada tradisi pesantren yang khas Nusantara, yang terbukti telah membawa kedamaian bagi kehidupan beragama dan berbangsa di Indonesia,” tambah pria 46 tahun itu.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.