Pipa Air PDAM Surabaya Tidak Layak, Usia Diatas 50 Tahun, Airnya Bisa Ganggu Kesehatan

Arif Ardliyanto
.
Kamis, 24 November 2022 | 05:26 WIB
Pipa air PDAM sudah berusia 50 tahun. Pemkot Surabaya diminta untuk segera mengganti, karena dinilai tidak layak. Imbasnya berkaitan dengan kesehatan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNews.id - Pipa air PDAM Kota Surabaya sudah memasuki usia 50 tahun. Catatan usia ini dinilai sudah sangat tua, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya harus segera mengganti supaya aliran air normal dan tidak memiliki resiko kesehatan

Akademisi Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Ir Eddy Setiadi Soedjono Dipl.SE.M.Sc, Ph.D mengatakan, kondisi infrastruktur jaringan pipa dan instalasi PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Surya Sembada Kota Surabaya telah berusia di atas 50 tahun atau dibangun sekitar tahun 1922. Sedangkan umur teknis maksimal kelaikan penggunaan pipa adalah 25 tahun.

Saat ini, kondisi jaringan pipa PDAM Surya Sembada sangat berpengaruh terhadap distribusi kualitas air bersih kepada masyarakat. Maka, dengan melihat kondisi pipa milik PDAM sekarang, ia tak yakin kualitas air sampai ke rumah-rumah warga akan layak untuk diminum.

"Jadi sangat tidak mungkin, sebab pipanya layak bocor, karena pipa dibangun tahun 1922. Kalau di luar negeri harus dihancurkan (diganti), karena dalam ilmu teknik sipil, lifetime 50 tahun itu rusak ataupun tidak rusak harus diganti," kata Eddy Soedjono saat ditemui di Fakultas Teknik Lingkungan ITS Surabaya, Rabu (23/11/2022).

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini