get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Cara Tingkatkan Konsentrasi, Ini yang Dilakukan Guru Saiq Al Hikmah Banyuwangi

Minggu, 27 November 2022 | 06:55 WIB
header img
Guru Saiq Banyuwangai meningkatkan ketrampilan dengan bermain angklung. Peningkatan ini bertujuan memberikan siswa cara lain dalam meningkatkan konsentrasi. Foto iNewsSurabaya/ist

Menurut dia, berdasar penelitian yang dilakukan oleh Slameto (2010:85), konsentrasi adalah pemusatan pikiran terhadap suatu hal dengan menyampingkan semua hal lainnya yang tidak berhubungan. Konsentrasi adalah pemusatan pikiran terhadap suatu benda/gagasan. Kemampuan anak berkonsentrasi berbeda- beda, rentang perhatian anak dalam menerima informasi melalaui aktivitas apapun juga berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain yakni keterlambatan perkembangan saraf, faktor lingkungan dan psikis. 

Mencermati kondisi tersebut untuk bisa meningkatkan konsentrasi belajar anak diperlukan suatu cara yang menarik dan menyenangkan serta latihan secara teratur agar daya konsentrasi anak didik meningkat. Diantaranya adalah dengan aktivitas bermain musik Angklung yang menyenangkan, sudah menjadi temuan di Sekolah Ulul Albab Tulungagung bahwa dengan aktivitas bermain musik Angklung ternyata dapat meningkatkan Konsentrasi Anak dan meningkatkan Potensi Akademik Anak sehingga mudah dalam pemahaman Ilmu pengetahuan dan terutama dalam Hafalan Alquran juga semakin meningkat. 

“Kegiatan bermain musik angklung ini dapat meningkatkan potensi akademik siswa bahkan anak anak yang bisa mermain Angklung ini hafalan Al- Quranya juga bagus karena daya konsentrasi bisa tinggi dengan aktivitas bermain musik Angklung yang menyenangkan ini, ” ungkapnya. 

Kepala RA Saiq Al Hikmah, Rizqi Komariah  mengatakan pengajaran bermain seni angklung adalah bagian dari program yang digagas oleh RA Saiq Al Hikmah. kesenian ini termasuk bagian pendidikan Extrakurikuler  yang diterapkan selain menggambar dan menari. 

“Bermain Angklung adalah Kegiatan Extrakurikuler RA Saiq Al Hikmah selain Menggambar dan menari, dengan bermain Angklung dapat membuat anak-anak senang juga nyaman. Bisa belajar bersama, intinya membuat suasana belajar yang nyaman, tidak hanya belajar membaca dan menulis saja,” ungkapnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut