get app
inews
Aa
Read Next : Trilliun Group-Pemkab Sidoarjo dan Dinas Pangan Sinergi Majukan Pertanian Mandiri

Sidoarjo Bakal Miliki Wisata Baru, Ini Konsep yang Diusung Desa Simoketawang Bersama Untag Surabaya

Rabu, 30 November 2022 | 07:14 WIB
header img
Untag Surabaya komitmen mengembangkan Desa Wisata dengan memanfaatkan Tanah Kas Desa (TKD) untuk disulap menjadi lokasi wisata menarik. Foto iNewsSurabaya/ist

SIDOARJO, iNewsSurabaya – Komitmen Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya mengembangkan Desa Wisata tak diragukan. Untag terlibat memanfaatkan Tanah Kas Desa (TKD) untuk disulap menjadi lokasi wisata yang menarik.

Salah satu daetah yang menjadi pengembangan Desa Wisata adalah Desa Simoketawang Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Tim Untag bersama desa sedang melakukan penataan desa wisata dengan produk unggulan wisata Kelengkeng. Program ini diinisiasi oleh Kepala Desa Zainudin Elyas sejak tahun 2018 dan mendapatkan apresiasi dari pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Pengembangan ini dilakukan dengan penggunaan anggaran dana desa yang diterima. Dana tersebut untuk mendukung program pengembangan desa wisata dengan menggunakan tanah kas miliknya. Untuk mendukung program pengembangan desa wisata, pemerintah desa (pemdes) mempersiapkan master plan sebagai pedoman dalam pengembangan desa wisata. “Sivitas akademika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag Surabaya) terlibat aktif dalam mendampingi kegiatan pengembangan wisata Kelengkeng di Desa Simoketawang. Kita juga berinisiatif mendampingi kegiatan penyusunan master plan tersebut,” kata Tigor Wilfritz Soaduon Panjaitan, S.T., M.T., PhD dari Program Studi (Prodi) Arsitektur Untag Surabaya yang terlibat membuat desain. 

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari 31 kegiatan Program Matching Fund yang diusulkan oleh Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada pendanaan tahun 2022 dengan ketua pengusul Febby Rahmatullah Masruchin, S.T., M.T.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut