get app
inews
Aa Read Next : Trilliun Group-Pemkab Sidoarjo dan Dinas Pangan Sinergi Majukan Pertanian Mandiri

Sidoarjo Bakal Miliki Wisata Baru, Ini Konsep yang Diusung Desa Simoketawang Bersama Untag Surabaya

Rabu, 30 November 2022 | 07:14 WIB
header img
Untag Surabaya komitmen mengembangkan Desa Wisata dengan memanfaatkan Tanah Kas Desa (TKD) untuk disulap menjadi lokasi wisata menarik. Foto iNewsSurabaya/ist

Program ini juga melibatkan 5 mahasiswa MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dari program studi arsitektur, antara lain M. Dzaki Al Mualif, Ahmad Murtadho, Azzahra Putri Laksana, M. Dicky Sadullah, dan Marino Yandrian.

Kegiatan penyusunan master plan ini dilatarbelakangi oleh kepedulian Untag Surabaya, dalam hal ini prodi Arsitektur. Mereka melakukan pendampingan proses pengembangan desa wisata agar terarah dan tertata. Harapannya agar pembangunan yang dilakukan memiliki sebuah grand design yang tidak saja berfungsi sebagai pedoman tetapi juga pengendali, agar perkembangan desa wisata sesuai dengan daya dukung dan potensi kawasan. 

“Aktivitas ini dilaksanakan selama 6 bulan sejak bulan Juli hingga Desember 2022 dengan 4 bulan efektif pelaksanaan (Agustus hingga Nopember). Bulan Juli 2022 merupakan tahap persiapan dan Desember 2022 merupakan tahap evaluasi,” ujarnya.


Untag Surabaya komitmen mengembangkan Desa Wisata dengan memanfaatkan Tanah Kas Desa (TKD) untuk disulap menjadi lokasi wisata menarik. Foto iNewsSurabaya/ist

Sementara kegiatan yang dilaksanakan antara bulan Agustus hingga November antara lain survei lokasi, merencanakan konsep wisata, merencanakan sirkulasi kendaraan dan orang, merencanakan fungsi/tema setiap Tanah Kas Desa (TKD). Proses perencanaan juga menggunakan pendekatan partisipatif, dimana perangkat desa dan masyarakat sebagai pengelola ikut terlibat secara aktif. Hal ini dimaksudkan agar produk perencanaan sesuai dengan konteks lokasi dan harapan masyarakatnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut