get app
inews
Aa Read Next : UWP Surabaya Jadi Inspirasi Generasi Muda, Kampus yang Mampu Bangun Karakter Sociopreneur

Dosen UWP Surabaya Dorong Percepatan Kemandiri Desa, Ini Cara Peningkatan Kapasitas BUMDesa

Rabu, 30 November 2022 | 13:26 WIB
header img
Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya menurunkan dosennya untuk melakukan penelitian perkembangan BUMDesa di Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Eksistensi BUMDesa di Indonesia didorong untuk meningkatkan kemandirian desa dan kesejahteraan masyarakat desa. Secara kuantitas, perkembangannya sangat signifikan yang pada November 2022 ini tercatat 27.876 BUM Desa dan 1.039 BUMDesa telah terverifikasi Nama. 

Namun secara kualitas, tidak sedikit BUMDesa yang belum mampu mandiri dalam mengelola usahanya, bahkan terpaksa harus gulung tikar apalagi sejak adanya pandemi Covid-19. Di Jawa Timur, pada tahun 2021 tercatat 6.118 BUMDesa, tetapi hanya sebanyak 538 yang dinilai betul-betul aktif. 

"Keberadaan BUMDesa memang dipandang sangat strategis sebagai pengungkit perekonomian desa terutama sejak adanya Pandemi Covid-19," kata Ketua Peneliti Dr. Sri Juni Woro, M.Com Dosen Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya. 

Menurutnya, saat ini BUMDesa telah mempunyai dasar hukum yang sah sebagai entitas usaha. Banyak hal yang bisa dilakukan BUMDesa sebagai entitas usaha. Kendala legalitas yang selama ini membatasi ruang gerak BUMDesa telah terselesaikan. Dengan demikian kian banyak peluang kerjasama yang bisa dilakukan oleh BUMDesa dengan entitas usaha lain termasuk akses ke lembaga jasa keuangan.  

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut