get app
inews
Aa Read Next : Universitas Wijaya Putra Berjaya! Raih Hibah PKKM 2024 Kemdikbudristek RI Senilai Rp1 Miliar

Dosen UWP Surabaya Dorong Percepatan Kemandiri Desa, Ini Cara Peningkatan Kapasitas BUMDesa

Rabu, 30 November 2022 | 13:26 WIB
header img
Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya menurunkan dosennya untuk melakukan penelitian perkembangan BUMDesa di Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/ist

Penelitian yang dilakukan ini menganalisis kemampuan BUMDesa dalam mengelola usahanya dengan pendekatan Kapasitas Kelembagaan. Dari sepuluh aspek kapasitas kelembagaan yang diteliti menunjukkan bahwa kelemahan dominan BUMDesa ada pada aspek Strategi, Kepemimpinan, Inovasi dan Pembelajaran serta Pengelolaan Proses. 

Kelemahan-kelemahan ini seluruhnya merujuk pada minimnya kemampuan manajerial dari pengelola BUMDesa khususnya dalam merencanakan dan mengendalikan kinerja usaha BUM Desa. 

"Dari hasil analisis tersebut, kami mengembangkan model konseptual Peningkatan Kapasitas Kelembagaan BUMDesa dengan pendekatan Penguatan Kapasitas Manajerial Sumber Daya Manusia yang disinergikan dengan nilai-nilai kearifan lokal desa," akunya. 

Dengan pengembangan model ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam memajukan BUMDesa di Indonesia, khususnya di Jawa Timur yang berdampak pada kemandirian Desa dan Kesejahteraan Masyarakat Desa.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut