get app
inews
Aa Read Next : Misteri Bunuh Diri di Sungai Brantas Terkuak, Fakta Baru Mengejutkan Publik Terbongkar

Ini Alasan Masyarakat Harus Peduli pada Kesehatan Mental Orang-Orang Sekitar

Kamis, 01 Desember 2022 | 10:40 WIB
header img
Lingkungan memiliki peran penting dalam mendukung pencegahan bunuh diri di dunia. Foto: Ilustrasi/Okezone

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Bunuh diri menjadi fenomena yang banyak dibicarakan. Pasalnya, orang-orang akan beranggapan bahwa korban adalah orang yang lemah dan pecundang. Namun, pada dasarnya lingkungan memiliki peran penting dalam mendukung pencegahan bunuh diri di dunia.

Pakar Psikolog Universitas Airlangga (UNAIR) Atika Dian memberikan pandangan tentang pentingnya peran masyarakat terhadap kesehatan mental orang-orang di sekitar.

Kesehatan Mental Orang Sekitar  

Atika menjelaskan bahwa orang-orang yang sedang memiliki mental tidak baik-baik saja biasanya akan terjadi perubahan kognitif dalam pola berpikir. Seperti, sulitnya berkonsentrasi, mudah lupa, dan ceroboh.

Selain itu, terjadi perubahan afektif menjadi lebih sensitif. Misalnya, mudah marah, mudah menangis, dan mudah tersinggung. Dan, yang terakhir adalah perubahan perilaku. Seperti, tiba-tiba menarik diri dan tidak banyak melakukan interaksi dengan teman yang sebelumnya dekat dengannya.

“Perubahan tiga area itu yang setidaknya bisa kita amati dan kemudian kita bisa dekati. Kalau ini pada anak sekolah atau kuliah juga bisa terlihat dari menurunnya performa akademik,” tambahnya.

Karena itu, penting bagi masyarakat untuk sadar dan peka terhadap perubahan orang-orang di sekitar. Tidak memilih abai dan tetap peduli kepada orang lain merupakan langkah awal terciptanya cegah aksi bunuh diri. Orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental akan merasa aman terhadap lingkungan yang sehat disekitarnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut