get app
inews
Aa
Read Next : Jadwal Imsak Penting bagi Umat Muslim untuk Memulai Puasa dengan Tepat!

Warga Desa Sajen Lebih Dekat dengan PLTS Melalui Pelatihan dari UNTAG Surabaya

Selasa, 27 Desember 2022 | 09:47 WIB
header img
Warga Desa Sajen Lebih Dekat dengan PLTS Melalui Pelatihan dari UNTAG Surabaya. Foto iNewsSurabaya/trisna

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id - Pelatihan dan sosialisasi gencar dilakukan oleh Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya. Kali ini kegiatan pelatihan dilakukan oleh kampus merah putih yang merupakan hasil kolaborasi antara UNTAG Surabaya dan masyarakat Desa Sajen. 

Kegiatan ini meliputi pelatihan dan sosialiasi tentang instalasi, pengoperasian, dan perawatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Kegiatan pelatihan pemasangan, pengoperasian dan perawatan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) ini dilaksanakan pada hari rabu, 21 Desember 2022 di Desa Sajen, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. 

Kegiatan pelatihan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Desa Sajen dan berjalan dengan lancar. Pelatihan ini juga dihadiri oleh Arief Budi Ksatria, yaitu tenaga ahli kelistrikan PLTS dari ITS yang menjelaskan tentang materi pengoperasian PLTS yang sudah dipasang di Desa Sajen sebelumnya agar dapat digunakan untuk PJU (Penerangan Jalan Umum) dan CCTV.

Selama pelatihan, masyarakat Desa Sajen diajak melihat lebih dekat dengan teknologi PLTS yang merupakan energi ramah lingkungan yang tidak menimbulkan limbah. Masyarakat Desa Sajen dibekali tentang pengetahuan cara memasang instalasi kelistrikan PLTS, peletakannya, cara pengoperasian PLTS dan perawatannya dimulai dari cara pemeliharan solar panel hingga tindakan apa saja yang dapat dilakukan masyarakat Desa Sajen jika terjadi konsleting listrik. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut