get app
inews
Aa Read Next : Direktur Utama PT Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024, Ini Catatan Menterengnya

Keren, MUI Kota Surabaya Raih Penghargaan Bidang Kerjasama MUI Jatim Awards

Sabtu, 31 Desember 2022 | 16:02 WIB
header img
MUI Kota Surabaya meraih penghargaan bidang kerjasama pada ajang bergengsi MUI Jatim Award tahun 2022 yang digelar oleh MUI Provinsi Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Surabaya mulai membukukan prestasi. Kali ini, MUI Kota Surabaya meraih penghargaan bidang kerjasama pada ajang bergengsi MUI Jatim Award tahun 2022 yang digelar oleh MUI Provinsi Jawa Timur di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (28/12/22).

Kegiatan ini merupakan kali pertama di Indonesia dan diharapkan bisa menjadi referensi bagi MUI lain di nusantara dalam melakukan standarisasi akreditasi tata kelola organisasi serta  evaluasi kinerja  melalui akreditasi kepada MUI kabupaten maupun kota.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa ikut hadir dalam ajang ini, dan mengapresiasi pelaksana akreditasi dan tata kelola organisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur. "Terkait akreditasi tata kelola organisasi MUI serta evaluasi program MUI 2022 menurut saya banyak hal yang bisa dijadikan catatan sekaligus dijadikan best practice bagi MUI daerah lain. Akreditasi tata kelola organisasi dan kinerja MUI ini barang baru dan patut dicontoh," kata Gubernur Khofifah. 

Ketua Umum MUI Surabaya KH Abd. Muhit Murtadlo menyatakan, bahwa penghargaan ini adalah bentuk kerjasama yang baik antara MUI Kota Surabaya dengan berbagai pihak. “Tentu saja ini apresiasi atas akreditasi secara manajemen dan pengorganisasian. Semoga penghargaan ini menjadi barokah, dan bisa meningkatkan pelayanan pada masyarakat,” ujarnya.

Sekretaris Umum MUI Kota Surabaya K.H Drs Muhaimin Ali menambahkan, jika pihaknya merasa mendapatkan kehormatan dari MUI Jawa Timur atas penghargaan ini.

“Alhamdulillah, MUI Kota Surabaya berhasil masuk dalam 5 nominasi kategori penghargaan. Dan berhasil meraih yang terbaik dalam bidang kerjasama antara MUI dengan pemerintah,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini berkat sinergi yang baik, antara MUI Kota Surabaya dengan Pemkot Surabaya. “Ke depannya, kami akan meningkatkan hubungan dengan pemerintah, termasuk di internal MUI. Sehingga dapat melaksanakan dan menjalankan semua program yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Pihaknya juga bersyukur, karena mendapatkan banyak fasilitas dan kemudahan dari Pemkot Surabaya. Sehingga dapat menjalankan semua program kerja, baik yang bersifat internal maupun eksternal.


MUI Kota Surabaya meraih penghargaan bidang kerjasama pada ajang bergengsi MUI Jatim Award tahun 2022 yang digelar oleh MUI Provinsi Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/arif

Sementara itu, Ketua Akreditasi MUI Surabaya, Syafiuddin mengatakan dengan adanya Akreditasi ini, untuk mengetahui eksistensi MUI serta agar bisa bergerak lebih baik dan tidak dipandang sebelah. Sebab, dengan adanya akreditasi semua berlomba-lomba membenahi manajemen dan administrasi masing-masing di tingkat kabupaten/kota.

"Karena MUI ini tugas dan fungsinya adalah melayani umat (khadimul umat) dan menjadi mitra pemerintah (shadiiqul hukumah). Kita merasa bersyukur semoga dengan adanya akreditasi ini kedepan MUI semakin lebih berjaya guna dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar kita. Kerjasama harus selalu kita bina, karena program ini akan berjalan kalau ada kerjasama yang intens diantara para pengurus yang ada di kota Surabaya ini." ujarnya

Dilain kesempatan, Sekretaris Akreditasi MUI Surabaya sekaligus Ketua Komisi Hukum dan Perundang-Undangan DR. H.Aris Nurullah, SAg., SH., MH menambahkan, MUI Kota Surabaya memiliki program MUI Lenial yang salah satu programnya juga peduli dengan kaum milenial di Kota Surabaya Raya.

“Kami juga bekerja sama dengan mahasiswa dan sekolah-sekolah se Surabaya, Diantaranya dengan  menggelar sosialisasi dan workshop tentang pentingnya moderasi dalam beragama. Dengan tujuan untuk membumikan paradigma tentang pentingnya Moderasi Beragama sejak dini. Dengan demikian maka akan timbul rasa toleransi antar sesama dan mengurangi perpecahan, diantara umat beragama, mengingat kaum milenial merupakan benih yang akan meneruskan bangsa ini kedepan” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Arief Budiarto MSi selaku Kabag Pemerintahan dan Kesra Jatim mengatakan jika pihaknya dengan MUI sejauh ini berkolaborasi sangat baik, terlebih dengan adanya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang sangat membantu masyarakat Surabaya. 

"Sejauh ini kita bisa membentuk Baznas kota Surabaya yang dimana semua pegawai pemkot, ketika mendapatkan gaji, tunjangan dan lain-lain langsung dua setengah persen kita masukan ke Baznas, dan yang kedua juga akhir-akhir ini kita gencar melaksanakan Musabaqah TilawatilQur'an (MTQ) dengan MUI, LPTI dan Ormas Islam yang lain, nilainya juga luar biasa, dengan yang kita berikan ke masyarakat hampir sekitar 750jt Rupiah." tutup Arief.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut