get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Gunung Ijen Terus Bergejolak, Ini Jarak Aman yang Dianjurkan Bisa Aktivitas Masyarakat

Selasa, 10 Januari 2023 | 13:17 WIB
header img
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan statusnya naik dari Level I atau Normal menjadi Level II atau Waspada. Foto tangkap layar

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Gunung Ijen terus mengalami gejolak, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan statusnya naik dari Level I atau Normal menjadi Level II atau Waspada. Masyarakat diminta untuk tidak mendekati area kawah dengan radius 1,5 kilometer dari bibir kawah.

Plt. Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid, melalui rilis resmi mengatakan, peningkatan aktivitas Gunung Api Ijen meminta supaya masyarakat yang bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai Banyu Pait agar selalu waspada terhadap potensi ancaman aliran gas vulkanik yang berbahaya dan tetap memperhatikan perkembangan aktivitas Gunungapi Ijen.

“Jika tercium bau gas sulfur atau belerang yang menyengat dan pekat, maka masyarakat diimbau agar menggunakan masker penutup alat pernapasan. Untuk jangka pendek atau darurat dapat menggunakan kain basah sebagai penutup alat pernapasan hidung maupun mulut,” katanya.

Wafid juga mengimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) setempat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Kabupaten, beserta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) agar senantiasa berkoordinasi dengan PVMBG – Badan Geologi atau Pos Pengamatan Gunung Api Ijen di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Dalam suratnya, Wafid memaparkan pengamatan secara visual terhadap aktivitas Gunung Ijen. Dijelaskannya, pada periode 1 Desember 2022 – 7 Januari 2023, angin di kawasan gunung bertiup lemah hingga kencang ke arah timur, selatan, dan barat dengan suhu udara antara 18-33°C.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut