get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Gunung Ijen Terus Bergejolak, Ini Jarak Aman yang Dianjurkan Bisa Aktivitas Masyarakat

Selasa, 10 Januari 2023 | 13:17 WIB
header img
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan statusnya naik dari Level I atau Normal menjadi Level II atau Waspada. Foto tangkap layar

Tampak asap Solfatara berwarna putih bertekanan lemah dengan intensitas tipis, tinggi dan asap antara 50-400 meter dari puncak. Suhu air danah kawah pada bulan Desember 2022 terukur 16oC.  Pada 5 Januari 2023, pemeriksaan kawah menunjukkan suhu air danau kawah meningkat menjadi 45.6oC. Air danau kawah berwarna hijau muda, dengan mengeluarkan asap solfatara putih tebal dan bertekanan lemah sampai sedang juga berbau gas belerang tercium kuat.

Sedangkan untuk pengamatan secara instrumental, Wafid memaparkan, pengamatan kegempaan pada umumnya berfluktuatif. Namun terjadi kecenderungan peningkatan pada gempa permukaan atau pada kedalaman dangkal.

Pada periode 1 Desember 2022 – 7 Januari 2023 telah terekam 246 kali Gempa Hembusan, 1 kali Gempa Tremor Non-Harmonik, 3 kali Gempa Tornillo, 890 Gempa Vulkanik Dangkal, 20 Gempa Vulkanik Dalam, 9 kali Gempa Tektonik Lokal, dan Tremor Menerus dengan amplitudo 0.5 – 2 mm (dominan 1 mm).

Evaluasi Gunung Ijen

Lebih lanjut dipaparkan Wafid dalam suratnya, bahwa berdasarkan data pengamatan visual dan instrumental tersebut, terjadi peningkatan aktivitas vulkanik yang ditandai dengan meningkatnya kejadian Gempa Hembusan dan Gempa Vulkanik Dangkal sejak bulan Juli 2022.

Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan tekanan pada kedalaman dangkal sebagai akibat dari aktivitas hydrothermal Gunung Ijen. Peningkatan tekanan tersebut menyebabkan kejadian hembusan di Gunung Ijen juga naik.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut