get app
inews
Aa Read Next : Ciphoc Unitomo Gelar Pameran Fotografi Dasar, Tampilkan 50 Karya Angkatan Muda

Edukasi Kebencanaan Unitomo Komplit, Creative Minds Jepang Salut

Rabu, 11 Januari 2023 | 09:33 WIB
header img
Creative Minds Jepang mengunjungi lokasi KKN dan bertemu dengan siswa SD. Foto/Hums Unitomo

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya memiliki program pengembangan Edukasi Kebencanaan yang komplit. Bahkan sudah menjadi menu wajib dalam setiap kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bencana. 

Program yang dikembangkan sejak 2015 tersebut rupanya juga membuat Creative Minds Jepang salut. Pasalnya, baik dosen maupun mahasiswa Unitomo cukup lihai dan konsisten dalam memberikan edukasi kebencanaan kepada masyarakat, terutama pelajar Sekolah Dasar (SD).

"Kami benar-benar terkesan rangkaian kegiatan yang dilakukan Unitomo, mulai dari materi edukasi bencana," kata Ikoku Kogiso, dalam kunjungannya di Unitomo, Selasa (10/1/2022). 

Selama 2 hari di Unitomo, Pimpinan dan Pemilik Lembaga Creative Minds Jepang ini melihat langsung bagaimana persiapan kampus Kerakyatan dan Kabangsaan ini dalam menangani bencana. Ikoku Kogiso ditunjukkan cara pemasangan biopori, peralatan Rain Water Harvesting, hingga mengunjungi lokasi KKN bertemu dengan siswa SD.

Ketua Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) Basuki Nugroho mengatakan, kedatangan pihak Creative Minds ke Unitomo ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah ditandatangani secara online pada (12/8/2022) lalu. 

"Pihak Creative Mind tertarik bekerja sama dengan Unitomo, khususnya PSBL karena mereka ingin memberi edukasi kebencanaan pada anak-anak SD," kata dia. Sehingga Creative Mind ingin melihat dan merasakan langsung bagaimana kampus Unitomo telah melakukan pengembangan Edukasi Kebencanaan.

Dalam kesempatan ini, Ikoku Kogiso dan Haruko Kogiso disuguhkan mulai video edukasi bencana, hingga pameran foto bencana hasil karya mahasiswa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Communication Photography Club (Ciphoc), dan diajak ke lokasi KKN.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut