get app
inews
Aa Read Next : Menggali Bakat Jurnalistik Siswa SMP Surabaya, Workshop dan Lomba Seru Diadakan di SMA Wijaya Putra

Rektor Unitomo Siti Marwiyah Penasaran, Mahasiswanya Kok Bisa Motret Gak Pakai Kamera

Senin, 13 Maret 2023 | 19:09 WIB
header img
Rektor Unitomo, Siti Marwiyah, menjajal alat cetak foto secara manual berupa Enlarger saat membuka pameran foto alternatif Ciphoc Unitomo Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Ciphoc

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Rektor Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya, Siti Marwiyah, dibuat penasaran oleh mahasiswanya sendiri. Yakni proses penciptaan karya fotografi tanpa menggunakan peralatan kamera pada umumnya. 

Rasa penasaran Siti Marwiyah tersebut muncul setelah ia melihat karya-karya foto alternatif yang dipamerakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Communication Photography Club (Ciphoc), di Lobi Gedung F Lantai Universitas Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Iyat pun menanyakan tentang proses terciptanya foto tanpa menggunakan kamera seperti photogram, karya foto dengan teknik scratching, hingga Kamera Lubang Jarum (KLJ). Bahkan saking penasarannya, Iyat menjajal alat cetak foto secara manual berupa Enlarger yang dipajang di area pameran. 

Enlarger merupakan alat vital pada proses pencetakan foto. Enlarger memiliki fungsi dan cara kerja yang berlawanan arah dengan kamera, khususnya pada bagaimana posisi perekam (film) dan sumber cahaya. Alat ini menjadi andalan komunitas fotografi dalam memproduksi foto hitam putih sendiri.

"Ternyata memang sulit untuk membuat karya hitam putih," ucap Iyat.

"Menciptakan karya dari inlejer ini membutuhkan ide-ide yang menarik dan melatih imajinasi dalam berkarya dan juga bikin penasaran hasilnya," imbuhnya.

Pameran Fotografi Alternatif dengan mengusung tema Kembali dan Berangan-angan “KENANGAN” ini merupakan rangkaian Dies Natalis CIPHOC ke-30. Pameran digelar mulai tanggal 13-17 Maret 2023.

Ketua Pelaksana, Zistia Shinta Maharrani menjelaskan, pameran foto alternatif ini selaian untuk menujukkan eksistensi dalam memperlajari fotografi alternatif, juga untuk silaturami lintas generasi setiap Angkatan di CIPHOC. 

“Fotografi alternatif merupakan salah satu teknik dalam membuat karya fotografi tanpa menggunakan kamera seperti pada umumnya. Di era saat ini, fotografi alternatif tetap ada dari beberapa pengiat foto yang masih dipertahankan dan tetap eksis, itulah yang membuatnya unik,” ungkapnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut