get app
inews
Aa Read Next : Soal Nasib Foto Jurnalistik di Era Digital, Ini Kata Ketua Dewan Pres Ninik Rahayu

Rektor Unitomo Siti Marwiyah Penasaran, Mahasiswanya Kok Bisa Motret Gak Pakai Kamera

Senin, 13 Maret 2023 | 19:09 WIB
header img
Rektor Unitomo, Siti Marwiyah, menjajal alat cetak foto secara manual berupa Enlarger saat membuka pameran foto alternatif Ciphoc Unitomo Surabaya. Foto: iNewsSurabaya.id/Ciphoc

Pameran fotografi alternatif yang di ikuti oleh 9 pameris dari Angkatan CIPHOC ke-26. Karya-karya yang di pajang meliputi KLJ (Kamera Lubang Jarum), Photogram, Scratching.

Foto-foto yang di pamerkan mengekspresikan ide-ide kreatif dalam menghasilkan karya foto tanpa mengunakan kamera yaitu alternatifan dan menciptakan rasa, imajinasi, ekspektasi dan fantasi saat menuagkan karyanya. 

Terdapat juga salah satu karya scratching dari pengkarya Charles Angi, yakni wajah dari Dr. Siti Marwiah, SH, MH Rektor Universitas Dr. Soetomo juga adik dari menteri Koordinasi bidang Politik, Hukum, dan keamanan Indonesia Mahfud MD. 

Dengan kreativitas menampilkan goresan berbentuk wajah dan dengan warna-warni dari hasil pewarnaan sepidol di klise roll film.

Fotografi alternatif menjadi indentitas dari UKM CIPHOC sejak berdirinya dan tetap eksis hingga saat ini memiliki eksitensi di era modern, seperti scratching mengunakan goresan dipermukaan roll film, ada objek-objek melalui penataan dengan photogram, dan bagaimana merespon sekitar kita dengan kamera lubang jarum (KLJ).

Pameran fotografi alternatif yang menampilkan 30 mahakarya dari Angkatan 2019 tersebut terdiri dari Zisti Shinta Maharrani, M. Maulana, Natasya M. R. Komaling, Bayu Prasetyo, Nizar Achmad Habibie, Charles Angi, Rendy Agung Prakoso, Hilarius B. T Atakelan, Firda Kusuma Wardani.

Selain dimeriahkan dengan pameran fotografi, hajatan Dies Natalis CIPHOC ke-30 juga diadakan seminar fotografi hitam putih. Ciphoc akan menghadirkan Muni Moon, seorang fotografer dokumenter yang sudah malang melintang didunia fotografi.

Muni Moon akan berbagi pengalaman dan ilmunya pada hari Rabu 15 Maret 2023. UKM fotografi se-Jawa Timur, Komunitas fotografi dan beberapa sekolah di Surabaya diharapkan dapat menyerap apa yang disampaikan oleh fotografer perempuan tersebut.


 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut