get app
inews
Aa Read Next : KPU Surabaya Buka Pendaftaran KPPS Untuk Pilkada Serentak 2024

Sejarah Perang Inggris dan Argentina

Jum'at, 17 Desember 2021 | 23:51 WIB
header img
Royal Navy official photographer - iwm.org.uk

Amerika Serikat sebenarnya tidak mau kalau kedua negara sekutunya ini yaitu Inggris dan Argentina untuk berperang, walau begitu usaha Amerika Serikat untuk mendamaikan diacuhkan oleh kedua negara sekutunya ini. 

Kedua negara sekutunya ini telah sama-sama mantap untuk berperang. Hingga akhirnya pada tanggal 25 April 1982 Inggris telah berhasil merebut dan menguasai Pulau Georgia Selatan dari Argentina. 

Kemudian pada tanggal 1 Mei 1982 militer Inggris makin agresif menyerang Argentina, pada hari itu Royal Air Force Inggris menyerang pangkalan udara Stanley di Pulau Falkland yang pada saat itu diduduki oleh militer Argentina dan setidaknya tiga pesawat Argentina berhasil ditembak jatuh.

Pada keesokan harinya yaitu pada tanggal 2 Mei 1982 kapal selam milik Inggris yaitu HMS CONQUEROR diperintahkan menembak kapal penjelajah ARA GENERAL BELGRANO milik Argentina dan menewaskan 323 awak kapal. 

Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh militer Inggris ke wilayah-wilayah yang vital bagi militer Argentina. Pada tanggal 14 Juni 1982 militer Inggris berhasil merebut dan menguasai Port Stanley tanpa perlawanan berarti dari Argentina. 

Sejak direbut dan dikuasainya Port Stanley maka secara resmi Argentina kalah perang dengan Inggris. Konflik peperangan yang berlangsung selama 74 hari tersebut dan berakhir dengan menyerahnya Argentina pada tanggal 14 Juni 1982, dilaporkan telah memakan korban jiwa sebanyak 649 orang militer Argentina, 255 orang militer Inggris dan 3 orang sipil warga Inggris meninggal dunia.

Pasca kekalahan perang Falkland kondisi ekonomi Argentina yang sebelum perang telah mengalami krisis menjadi semakin parah, inflasinya melonjak 200 persen dan hutang luar negeri mereka mencapai angka 39 miliar dollar Amerika. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut