Logo Network
Network

Mahasiswa Untag Surabaya Inovasi Alat untuk Atasi Masalah UMKM

Arif Ardliyanto
.
Selasa, 21 Desember 2021 | 10:28 WIB
Mahasiswa Untag Surabaya Inovasi Alat untuk Atasi Masalah UMKM
Program studi Teknik Industri Fakultas Teknik Untag Surabaya terus mendorong mahasiswa melakukan inovasi.

SURABAYA, iNews.id - Program studi Teknik Industri Fakultas Teknik Untag Surabaya terus mendorong mahasiswa melakukan inovasi. Mahasiswa diwajibkan membuat produk inovasi sebagai hasil akhir dari mata kuliah Perencanaan dan Pengembangan Produk.

Produk yang dihasilkan mahasiswa untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa adalah alat roll streaping. Alat ini dibuat mahasiswa Prodi Teknik Industri, Fifa Marisa Irwayu, Dian Novita Rahayu, Sandy Yanuar Syahputra dan Yessi Maretha Miraningsih. Mereka menemukan permasalahan produksi pada UKM Mekar Handcraft, salah satu penghasil produk tas anyaman berbahan baku streaping di Kediri.

“Awalnya menggunakan alat manual dengan papan kayu yang ditancapi paku. Namun saat menggunakan alat tersebut tidak sesuai dengan target yang mereka inginkan,” ungkap Ketua Tim, Fifa Marisa.

Melalui produk inovasinya, Fifa bersama tim mencoba meningkatkan produktivitas penggulungan streaping dengan mempersingkat waktu proses penggulungan. “Dengan menggunakan alat ini bisa mempercepat waktu untuk menggulung streaping menjadi 2 kali lebih cepat,” terangnya.

Selain alat roll streaping, mahasiswa prodi Teknik Industri juga membuat berbagai produk inovasi lainnya seperti cuci sepatu otomatis, alat pemeras tahu, hingga alat semprot otomatis pada UMKM budidaya jamur. Setelah melalui beberapa perbaikan dan penyempurnaan, hasil produk inovasi ini nantinya akan disalurkan pada masing-masing UMKM.

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.