get app
inews
Aa Read Next : Pemalsu Merk dan Izin Edar di Surabaya Dituntut Pidana 4 Bulan

Sidang Dugaan Penggelapan BBM Laut, Saksi Ungkap Peran Direksi Bahana Line

Jum'at, 10 Februari 2023 | 20:08 WIB
header img
Sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jumat (10/2/2023). Foto: MPI/Lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Salah satu saksi sidang kasus dugaan penggelapan BBM laut, Edi Setiyawan (42) mengungkap indikasi keterlibatan direksi PT Bahana Line pada sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jumat (10/2/2023).  PT Bahana Line adalah vendor yang memasok bahan bakar minyak (BBM) jenis MFO (marine fuel oil) dan HSD (high speed diesel) untuk kapal-kapal PT Meratus Line sejak 2015. 

Dihadirkan di persidangan dalam kapasitas sebagai saksi bersama Eko Lisdiyanto, Edi menyebut indikasi keterlibatan Direktur Utama PT Bahana Line Hendro Suseno dalam penentuan harga beli BBM hasil penggelapan. 

“Iya. Pernah,” ujar Edi menjawab pertanyaan jaksa Uwais Deffa I Qorni apakah pernah mendengar Hendro Suseno sebagai orang yang dimaksudkan oleh Halik dalam penentuan harga pembelian BBM hasil penggelapan oleh PT Bahana Line. 

Awalnya Edi menuturkan, setiap kali dirinya meminta kenaikan harga penjualan BBM hasil penggelapan ke staf operasional PT Bahana Line Dody Teguh Perkasa dan David Ellis Sinaga maka akan selalu diarahkan untuk menghubungi atasan mereka, Muhamad Halik. 

Namun, kata Edi, ternyata M Halik pun tidak bisa memutuskan masalah harga dan meminta Edi menunggu jawaban harga yang terlebih dulu akan ditanyakan. “Saya pernah telepon (Halik), katanya mau tanya dulu,” ujar Edi.  

“Ditanyakan ke siapa?” kejar Uwais. 

“Gak tahu kemana. ‘Saya tanya dulu nanti saya kabari’. Gitu,” lanjut Edi menirukan perkataan Halik di telepon. 

Lalu Uwais menanyakan apakah M Halik menanyakan keputusan harga tersebut ke Hendro Suseno, Edi menjawab, “mungkin”.  “Kalau iya jawab iya, kalau tidak tahu jawab tidak tahu,” kata Uwais mendengar jawaban Edi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut