get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Ibu Hamil Kerap Melahirkan di Tengah Jalan, Pertamina Dirikan Balai Kesehatan di Pedalaman

Kamis, 16 Februari 2023 | 09:47 WIB
header img
Sejumlah pemangku kepentingan saat menghadiri peresmian Balai Kesehatan di Lingkungan Suko, Kelurahan Gombengsari, Banyuwangi. Foto/Dok Pertamina

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Warga yang tinggal di pedalaman hutan kawasan Perhutani Banyuwangi Jawa Timur kini tidak perlu kawatir jika ada yang hendak melahirkan. Pasalnya, saat ini sudah tersedia Balai Kesehatan di Lingkungan Suko, Kelurahan Gombengsari yang bisa diandalkan.

Balai Kesehatan yang berdiri di Pedalaman Petak Lima Perhutani Gombengsari dan sudah di resmikan pada akhir Januari tersebut dibangun oleh Pertamina Tanjung Wangi melalui program Pertamina Sehati, dalam rangka pencapaian implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) bidang kesehatan, terutama kesehatan ibu dan anak. 

Peresmian disaksikan langsung oleh sejumlah pemangku kepentingan, seperti Camat Kalipuro beserta jajaran pemerintah daerah setempat, mulai dari Lurah Gombengsari, Kader Puskesmas, Puskesmas Klatak, LMDH, BABINSA, Perhutani, Polsek Kalipuro serta anggota masyarakat Lingkungan Suko, Petak Lima Kelurahan Gombengsari.

Sebagaimana diketahui, jalan Petak Lima, Lingkungan Suko, Kelurahan Gombengsari memiliki kontur yang buruk dan berbatu. Sehingga dengan didirikannya Balai Kesehatan Sederhana ini, maka Pertamina turut andil untuk mengurangi resiko angka keguguran dan melahirkan di tengah jalan. 

Pedalaman Hutan Kawasan Perhutani dipenuhi dengan tanah basah dan kondisi jalan yang terjal untuk dilalui. Tidak sedikit ibu hamil yang ada di Lingkungan Suko, Petak Lima harus terpaksa melahirkan di tengah jalan menuju faskes terdekat. 

Community Development Officer Pertamina Integrated Terminal Tanjung Wangi mewakili Integrated Terminal Manager Pertamina Tanjung Wangi, Muhammad Reza, menjelaskan bahwa pembangunan Balai Kesehatan merupakan komitmen utama PT Pertamina Patra Niaga melalui Integrated Terminal Banyuwangi, dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan. 

"Pembangunan Balai Kesehatan ini merupakan perwujudan program TJSL kolaborasi antar stakeholder, dalam hal ini kolaborasi yang diwujudkan adalah dengan Puskesmas Klatak, Perhutani, serta Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Gombengsari," terangnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut