get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Berani SMK IPIEMS Surabaya, Pamerkan Hasil Karya Siswa di Mall untuk Tingkatkan Kualitas

Pangkalan Visual SMK IPIEMS, Jurnalis iNewsSurabaya.id Berbagi Tips Motret Pakai Ponsel

Sabtu, 11 Maret 2023 | 12:15 WIB
header img
Jurnalis iNewsSurabaya.id, Ali Masduki, memandu peserta saat praktek memotret pakai ponsel. Foto/Anisa Nurul Rachmawati

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Junalis iNewsSurabaya.id, Ali Masduki, berbagi tips memotret pakai ponsel dalam "Lokakarya Pengoptimalan Kamera Ponsel Dalam Bidang Fotografi", yang dihelat pelajar SMK IPIEMS di Grand City Mall, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/3/2023). Lokakarya tersebut merupakan rangkaian acara gelar Karya Pangkalan Visual yang diselenggaran mulai tanggal 10 hingga 11 Maret 2023.

Dalam kesempatan ini, Ali yang juga anggota Pewarta Foto Indonesi (PFI) Kota Surabaya ini memberikan tips dan trik bagaimana memaksimalkan fitur kamera yang tersedia di ponsel. Menurutnya, untuk berkarya terutama dalam bidang fotografi, tidak harus menungu sampai memiliki kamera DSLR yang harganya tidak murah. 

Ponsel yang selama ini selalu melekat, kata dia, sudah menyediakan fasilitas yang mumpuni. Sehingga ponsel pintar atau smartphone bukan hanya untuk berkomunikasi saja, namun bisa dimanfaatkan untuk mengasah skill foto dan video.

"Ponsel yang kita miliki sudah canggih. Disitu ada fitur untuk fotografi," katanya.

Namun, kata Ali, untuk menghasilkan karya foto yang bagus, seseorang harus memahami teknik dasar fotografi. Diantaranya dari sisi komposisi fotografi dan sudut pengambilan foto. 

Terpinting lagi, pengguna kamera ponsel harus mengenal terlebih dulu ragam fitur yang disematkan. Semisal, didalam kamera ponsel ada fitur makro, panorama, food dan lainnya. Fitur-fitur tersebut sangat memudahkan pemiliknya untuk memotret.

"Kamera ponsel ini praktis. Gak ribet. Kita cukup belajar motret yang bagus saja," ucapnya. 

Foto yang bagus, lanjutnya, memang subjektif. Setiap orang berbeda dalam menilai. Hanya saja, ada beberapa point yang musti dipertimbangkan ketika memotret agar foto menarik jika dilihat. 

Untuk membuat supaya foto menarik, maka fotografer harus mempertimbangkan Point of Interest (POI). Yaitu sebuah titik fokus yang paling menarik dalam sebuah foto atau gambar. 

"Di dalam penerapannya, Point of Interest ini sangat penting dan harus ada pada foto," ujarnya. Kemudian penempatan sebuah foto dalam satu frame. Selanjutnya garis dan perspektif, serta framing.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut