get app
inews
Aa Read Next : Viral! Jamaah Shalat Idul Fitri Bubar Lihat Khotbah Ceramah Politik, Ini Respon Ketua MUI Sukolilo

9 Tahun Berdiri, UNUSA Masuk 58 Perti Terbaik di Indonesia

Minggu, 26 Maret 2023 | 22:32 WIB
header img
UNUSA sudah berhasil masuk ke dalam peringkat 58 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia. Foto/Dok Unusa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memang belum terlalu lama berdiri. Namun Perguruan Tinggi (Perti) di Surabaya ini sudah mencatat prestasi yang luar biasa. 

Di usianya yang ke-9, UNUSA sudah berhasil masuk ke dalam peringkat 58 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia. Di Jawa Timur sendiri, UNUSA menempati nomor 9 Perti terbaik. Sedangkan di lingkungan Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU), UNUSA jadi perti nomor 1 pada 2023. 

Pemeringkatan itu baru saja dipublikasikan oleh Scimago Institutions Rankings (SIR). Scimago yang juga berkolaborasi dengan Elsevier dalam penerbitan jurnal-jurnal terkemuka di dunia, mendasarkan pemeringkatan itu pada tiga indiator utama, yaitu kinerja penelitian (research, berbobot 50%),  inovasi (innovation, berbobot 30%), dan dampak sosial (societal, berbobot 20%).
    
SIR mengumumkan 59 PTN/PTS terkemuka di Indonesia berdasarkan tiga Indikator utama tersebut. SRI menempatkan Universitas Indonesia diperingkat pertama, dan Unusa di peringkat ke 58 pada 2023 ini. Atas masuknya Unusa ke dalam jajaran PTN/PTS terkemuka di Indonesia, Wakil Rektor 1 Unusa, Prof. Kacung Marijan mengungkapkan rasa syukurnya.

"Kita bersyukur, dalam usia 9 tahun, Unusa telah masuk menjadi salah satu PTN/PTS terbaik di Indonesia versi Scimago. Terbaik 9 di Jawa Timur, dan Nomor 1 di LPTNU. Capaian ini menunjukkan bahwa perhatian yang sangat besar Unusa di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam tahun-tahun belakangan telah membawa hasil. Dalam tiga tahun terakhir, jumlah publikasi dosen Unusa di jurnal-jurnal bereputasi internasional terindeks scopus meningkat tajam," ungkapnya, Minggu (26/3).

Meskipun demikian, Prof Kacung Marijan juga mengingatkan kepada sivitas akademika Unusa untuk tidak cepat berpuas diri, melainkan terus memperbaiki diri, khususnya di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

 "Kita ingin Unusa menjadi salah satu universitas terkemuka di Asia Tenggara di masa mendatang, dan untuk mencapai hal itu jelas tidak mudah. Tetapi, semoga Unusa diberi jalan dan kemudahan menuju arah itu," tambahnya.     

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut