get app
inews
Aa Read Next : Turnamen Karate Piala Gubernur Jatim Diikuti 2016 Atlet Jawa-Bali, Begini Keseruannya

Jadi Kuda Hitam, Bupati Sumenep Masuk 3 Besar Kandidat Potensial Gubernur Jatim

Rabu, 10 Mei 2023 | 19:36 WIB
header img
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Nama Bupati Sumenep, Jawa Timur, Achmad Fauzi Wongsojudo masuk dalam tiga besar kandidat potensial untuk mengisi posisi kursi Gubernur Jawa Timur

Hasil survei Accurate Research & Consulting Indonesia (ARCI), nama Achmad Fauzi bersanding dengan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak. 

Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt mengatakan, nama Achmad Fauzi selalu muncul dalam simulasi calon gubernur Jawa Timur, baik itu top of mind, simulasi lima nama, atau simulasi Sembilan nama. 

“Ketika ada pertanyaan kalau pemilihan (gubernur Jawa Timur) dilakukan sekarang, siapa yang bapak/ibu pilih, selalu ada nama Ibu Khofifah, Pak Emil dan Achmad Fauzi Wongsojudo,” kata Baihaki saat memaparkan hasil survei, Rabu (10/5/2023). 

Hasil survei ARCI, posisi tiga besar ditempati oleh Khofifah (27,9 persen), Emil (15,3 persen), termasuk Achmad Fauzi dengan elektabilitas mencapai 7,5 persen. 

Menurut Baihaki, temuan tersebut akan menjadikan pertarungan menuju kursi Jatim satu akan berkutat pada tiga nama tadi. Yang menarik, Baihaki melanjutkan, Achmad Fauzi yang merupakan representasi masyarakat Madura itu merupakan ‘kuda hitam’ dalam gelaran kontestasi Jatim. 

“Sebelumnya, kita belum mengetahui ada nama Achmad Fauzi. Tapi belakangan, seiring munculnya isu reaktivasi kereta Madura, nama Fauzi masuk sebagai kuda hitam di Pilkada Jawa Timur,” ungkap Baihaki. 

Selain kereta, dalam temuan ARCI, masuknya nama Fauzi sebagai ‘kuda hitam’ juga dilatari alasan lain, seperti keberhasilan tokoh muda Madura itu mengurangi angka pengangguran terbuka, termasuk pencapaian menurunkan angka kemiskinan. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut